Bisnis Hotel

Raih Sertifikat Bintang 4, Grand Dafam Q Hotel Berjanji Lakukan Hal Ini

Perolehan sertifikat pada Selasa (12/9) itu setelah melalui proses uji layak oleh Badan Sertifikasi Serfitama Indonesia

Raih Sertifikat Bintang 4, Grand Dafam Q Hotel Berjanji Lakukan Hal Ini
salmah
Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru mendapatkan anugerah Sertifikat Bintang 4. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru by DHM Syariah (Dafam Hotel Management) mendapatkan anugerah Sertifikat Bintang 4.

Perolehan sertifikat pada Selasa (12/9) itu setelah melalui proses uji layak oleh Badan Sertifikasi Serfitama Indonesia di bawah pengawasan dan arahan dari Komite Akreditasi Nasional Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata.

GM Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Muh Roy Amazon, menyampaikan, sejak hotel beroperasi, telah berkomitmen meningkatkan keterampilan seluruh karyawannya dengan memberikan berbagai pelatihan khusus secara berkala agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan profesional, serta menyajikan produk-produk hotel yang berkualitas baik pula.

“Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi kepuasan tamu dan pelanggan, dan juga dalam rangka meraih predikat klasifikasi Hotel Bintang 4” ujar Roy.

Dengan standar sertifikasi yang sudah terpenuhi, lanjut Roy, hotel akan terus meningkatkan kualitas pelayanan. Selain kenyamanan 148 kamar tersedia, sejumlah fasilitas penunjang lain seperti restoran akan terus ditingkatkan.

Direktur LSU Serfitama Indonesia, Ilham Muhammad Saleh, menerangkan, untuk mendapatkan klasifikasi bintang empat, hotel harus memiliki skor minimal 728.

Beberapa aspek yang dinilai untuk menjadi syarat hotel berbintang meliputi aspek bangunan, layanan dan pengelolaan.

“Jika dilihat dari aspek pelayanan, tenaga kerja hotel harus memiliki sertifikasi,” kata Zahir usai penyerahan SK Sertifikasi Bintang Lima di hotel setempat.

Ilham menerangkan sertifikasi sendiri memiliki masa berlaku selama tiga tahun. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 52/2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata.

PP itu kemudian dijabarkan melalui Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor PM.53/Hm.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel, terhitung mulai 3 Oktober 2013, sertifikasi bintang hotel dilakukan oleh LSU bidang pariwisata independen, bukan lagi PHRI.

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help