BanjarmasinPost/
Home »

Kolom

» Fikrah

Nahi Munkar (Pemberantasan Kemungkaran)

Golongan pertama, orang Islam yang berilmu Islam, menjalankan Islam, berakhlak Islam dan sangat peduli dengan urusan umat Islam.

Nahi Munkar (Pemberantasan Kemungkaran)
salmah
KH Husin Naparin, Ketua MUI Kalsel 

Oleh: KH Husin Naparin
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalsel

DI sebuah desa, seorang penduduk membuka warung penjualan miras. Hal ini diperhatikan oleh seorang pemuda desa, sebut saja namanya Budi. Dia berkata kepada temannya Joni, “Jon, di desa kita ada warung jual miras. Ayo kita tindak!” Joni menjawab, “Tidak usah, yang penting kita menjadi orang baik-baik.”

Setelah sebulan, banyak pemuda di desa itu yang mabuk-mabukan, Budi berkata lagi kepada temannya, “Jon, para pemuda mulai suka mabuk-mabukan di warung itu. Ayo kita tindak sebelum terlambat!” Joni menjawab, “Buat apa? mereka juga tidak mengganggu kita.”

Sebulan lagi berlalu, Budi bekata lagi kepada temannya, “Jon, sekarang warung itu dibangun tambah megah, tidak hanya menjual miras, sudah ada pelacurnya juga. Sebagian penduduk desa sudah jadi pelanggan. Kalau dibiarkan, besok-besok kita tidak punya kekuatan lagi.” Joni menjawab, “Urus diri sendiri dulu, tidak usah mengurus orang lain.”

Setahun kemudian, Budi yang selalu memperhatikan keadaan di desa itu mendengar informasi yang tidak sedap, sehingga dia menemui Joni dan berkata, “Jon, desa kita sudah jadi pusat maksiat. Masjid mau dirobohkan. Kamu, sebagai takmirnya, juga akan diusir.”

Jon menjawab, “Lho, lho. Kok begitu? Ya jangan gitu, dong. Ayo kita lawan mereka!” Budi menjawab, “Sudah terlambat, Jon. Kita sudah jadi minoritas. Dulu saat mereka dengan getol menanamkan ideologi dan memperluas kekuasaan, kita cuma sekadar jadi orang baik. Ternyata itu tidak cukup.”

Di dunia ini setidaknya terdapat empat golongan orang dalam berislam:

Golongan pertama, orang Islam yang berilmu Islam, menjalankan Islam, berakhlak Islam dan sangat peduli dengan urusan umat Islam.

Golongan kedua, orang Islam yang sedikit berilmu Islam, menjalankan Islam, tapi tidak peduli dengan nasib umat Islam.

Golongan ketiga, orang Islam yang tidak mempunyai ilmu Islam, tidak menjalankan syariat Islam dan tidak peduli terhadap urusan Islam.

Halaman
12
Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help