Berita Tanahlaut

Rutan Pelaihari Latih Warga Binaan Tiap Hari Senam Pagi Sekaligus Menjaring Aspirasi

Warga binaan di Rumah Tahanan Pelaihari setiap pagi hari dikumpulkan di lapangan bola voli untuk mengikuti kegiatan senam pagi bersama.

Rutan Pelaihari Latih Warga Binaan Tiap Hari Senam Pagi Sekaligus Menjaring Aspirasi
BANJARMASINPOST.co.id/mukhtar wahid
Kepala Rumah Tahanan Pelaihari, HM Kamal berfoto bersama warga binaan sesuai memberikan hadiah lomba dan pertandingan olahraga memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Warga binaan di Rumah Tahanan (rutan) Pelaihari setiap pagi hari dikumpulkan di lapangan bola voli untuk mengikuti kegiatan senam pagi bersama.

Kegiatan senam pagi itu sekitar satu jam, kemudian diberikan arahan sekaligus menyerap aspirasi ataupun mendengar keluhan para warga binaan selama berada di  rutan Pelaihari.

Kepala Rumah Tahanan Pelaihari, HM Kamal mengaku kegiatan itu memang intruksinya kepada petugas penjagaan agar konfisi fisik para warga binaan tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

Terkait pemberian arahan udai kegiatan senam pagi itu, maksudnya menyerap aspirasi warga binaan untuk mengetahui apakah mendapat kendala pelayanan atau ada yang menderita sakit.

"Saya langsung yang memberikan arahan seusai senam. Selama warga binaan mengikuti senam, petugas piket berkeliling blok memeriksa barang-barang milik warga binaan. Alhamdulillah tidak ditemukan benda berbahaya di dalam blok," katanya, Jumat (15/9/2017).

Menyikapi peristiwa tewasnya warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru, HM Kamal mengaku mendengat informasi tersebut. Itu menurutnya karena ada warga binaan yang kesal karena melindungi teman yang tidur di blok lain.

Di Rumah Tahanan Pelaihari, setiap warga binaan tidak diperkenankan tidur berpindah-pindah blok lain. Setiap pergantian petugas piket penjagaan, semua penghuni blok warga binaan wajib menghitung anggota bloknya masing-masing.

"Dihitung itu khawatir jumlah warga binaan berkurang. Siapa yang harus bertanggungjawab," kata HM Kamal seraya berharap peristiwa di Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru jangan terjadi di rutan Pelaihari. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help