Ekonomi dan Bisnis

Usaha Laundry Makin Menjamur, Adu Layanan Terbaik Puaskan Pelanggan

Kumala Laundry mengembangkan usaha melalui sistem franchise yang kini tersebar di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru

Usaha Laundry Makin Menjamur, Adu Layanan Terbaik Puaskan Pelanggan
burhani yunus
Karyawan Kumala Laundry berdomisili di Jalan Kebun Bunga Ujung Nomor 20 Kecamatan Banjarmasin Selatan sedang menata pakaian yang siap diserahkan ke pelanggan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bisnis jasa laundry menjamur di Banjarmasin. Menjadi pilihan konsumen adalah yang benar-benar bersih, memberikan jaminan satu mesin satu pelanggan serta promo-promo.

Manager Operasional Kumala Laundry, Muhtar Romadi mengatakan, Kumala Laundry selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Kumala Laundry sendiri beroperasional sejak 2007, kini Kumala Laundry tersebar di beberapa titik di Banjarmasin bahkan sampai Banjarbaru dan sekitarnya.

Pihaknya mengembangkan usaha melalui sistem franchise. Menurutnya dengan sistem franchise, memberikan keuntungan bagi siapa saja yang tidak mempunyai ilmu laundry bisa buka laundry.

Pihaknya mempunyai standar operasional prosedur (SOP) yang sudah teruji. Kumala Laundry fokus pada kualitas dan managemen sistem, dengan pengembangan sumber daya manusia, terlebih dulu ditatar melalui pengawasan dan training pelayanan.

"Dalam menghadapi ketatnya persaingan, kami selalu memberikan promo-promo. Seperti saat ini promo di outlet Kumala yang ada di HKSN dan Sekumpul Ujung Martapura," katanya.

Dijelaskannya promo tersebut yakni, per kilogram hanya Rp 6.999. Minimal order lima kilogram dan hanya untuk enam orang pertama setiap harinya, dan promo ini tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Pihaknya juga menyediakan layanan baru, cuci helm dan sepatu. Merupakan pertama di Banjarmasin cuci helm dan sepatu dengan sistem glowson.

"Bersyukur, peminatnya lumayan," imbuhnya.

Gerai Kumala ada di Banjarbaru dan Martapura sebanyak delapan gerai sedangkan di Banjarmasin ada sekitar 22 gerai.

Berbeda dengan Kumala Laundry yang mengembangkan usaha dengan sistem franchise dan tersebar di beberapa wilayah. Herlina Laundry hanya satu outlet, caranya bertahan dengan cara memuaskan konsumen.

Penjaga Herlina Laundry, Ida Jumiati mengatakan, usaha laundry memiliki prospek bagus jika benar-benar menjaga citra. Artinya, jika bagus maka konsumen akan datang kembali.

Setiap hari biasa menerima cucian kotor 25 kilogram, jika hari libur bisa saja lebih, setiap hari buka dari pukul 07.30 wita sampai pukul 21.00 wita.

Adapun biaya Laundry di Jalan Saka Permai Banjarmasin itu, untuk cuci kering per kilogram Rp 5 ribu, cuci setrika Rp 6 ribu, setrika Rp 4 ribu. Lama masa pengerjaan tiga hari dan kalau untuk bed cover bisa lima hari, dengan biaya Rp 8 ribu per kilogram.

"Kalau mau cepat bisa layanan ekpress, biayanya beda. Ekpress setrika per kilogram Rp 11 ribu dan ekpress kering Rp 8 ribu per kilogram," imbuhnya. (*)

Penulis: Hasby
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved