Tari Mahelat Lebo Sajian Pembuka Pentas Seni Budaya dan Kuliner Pelangi Nusantara

Tari Mahelat Lebo mengawali Pembukaan Pelangi Nusantara 2017, Pentas Seni Budaya dan Kuliner, di Siring Nol Km, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin

Tari Mahelat Lebo Sajian Pembuka Pentas Seni Budaya dan Kuliner Pelangi Nusantara
BANJARMASINPOST.co.id/salmah
Tari Mahelat Lebo sajian pembuka pentas seni dan budaya Pelangi Nusantara 2017, Sabtu (16/9/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tari Mahelat Lebo mengawali Pembukaan Pelangi Nusantara 2017, Pentas Seni Budaya dan Kuliner di Siring Nol Km, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, Sabtu (16/9) malam.

Acara yang diselenggarakan IKASBA (Ikatan Kekeluargaan Antar Suku Bangsa)

Tarian khas dayak Bakumpai tersebut persembahan Sanggar Permata Ije Jela Kabupaten Barito Kuala Propinsi Kalimantan Selatan, pimpinan Kasmudin MPd, penata tari Tajudinnoor S.Pd dan Penata musik Drs Mukhlis Maman dan M Apriawan.

Mahelat lebo adalah sebuah tarian yang menggambarkan kesiapsiagaan masyarakat suku dayak Bakumpai Kabupaten Barito Kyala, dalam mempertahankan Lebo (kampung halaman) dari gangguan-gangguan yang mengancam.

Menggunakan mandau, tombak dan tabalang, serta didukung semangat yang berkobar bagaikan api yang menyala-nyala.

Mereka turut berjuang melindungi Bumi Antasari yang mereka cintai untuk mencapau kemakmuran bersama.

Kasmudin mengatakan, melalui tari Mahelat Lebo ini Sanggar Permata Ije Jela menjadi wakil Kalsel pada Festival Borneo 2015 kategori tari pedalaman di Samarinda Kaltim dan memperoleh penghargaan sebagai penyaji terbaik I dan Penata tari terbaik dan penata musik terbaik.

Tari ini juga mengantar Kalsel menjadi penyaji terbaik pada Festival Nasional Tari Tradisi 2015 di Jakarta. Atas keberhasilan tersebut menjadi satu-satunya penampil budaya pada acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2016 yang diselenggarakan oleh kemendikbud di Sawangan, Bogor, Jawa Barat. (*)

Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help