Techno

Di Tempat Servis Smartphone Ini Juga Bisa Workshop dan Pelatihan Lho

Walaupun bukan service center resmi, namun bukan berarti teknisi-teknisi di toko-toko servis smartphone tidak memiliki skil dan pengetahuan yang baik

Di Tempat Servis Smartphone Ini Juga Bisa Workshop dan Pelatihan Lho
BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
Smartphone Service Center berlokasi di Jalan Cempaka 1 nomor 2 Banjarmasin tepat di belakang Taman Kamboja Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun bukan service center resmi, namun bukan berarti teknisi-teknisi di toko-toko servis smartphone tidak memiliki skil dan pengetahuan yang baik terkait servis smartphone.

Seperti para teknisi di Smartphone Services Center di Jalan Cempaka 1 nomor 2 Banjarmasin. Seiring perkembangan jenis, model dan tipe smartphone yang semakin canggih, para teknisi pun ikut mengembangkan dan menambah pengetahuannya.

Contohnya seperti mengikuti pelatihan-pelatihan dan workshop dari berbagai narasumber yang tak jarang merupakan teknisi ahli resmi dari pabrikan smartphone.

Toko-toko penyedia jasa servis smartphone pun memiliki peralatan yang lengkap mulai dari alat kelistrikan hingga mikroskop untuk mengerjakan bagian rumit pada logic board smartphone.

Dijelaskan seorang teknisi di Smartphone Services Center, Abdi, dari berbagai masalah kerusakan smartphone, yang paling sulit adalah untuk memperbaiki smartphone dengan kondisi mati total karena komplikasi kerusakan jeroan smartphone.

Jika demikian, teknisi harus terlebih dahulu mencari letak masalah dan menentukan komponen apa saja yang rusak dan perlu diganti.

"Kalau yang masalahnya komplikasi bisa saja berhari-hari atau hingga mingguan. Karena harus cari sparepart, kalau tidak ada baru bahkan bisa sampai kanibal komponen," kata Abdi.

Selain kerusakan hardware, kerusakan software juga tak jarang didapati. Kerusakan software lebih banyak disebabkan karena faktor human error.

Banyak user atau pengguna smartphone yang mengutak-atik software smartphonenya, seperti merubah operating system, firmware hingga melakukan root.

Dijelaskan Abdi, tantangan bagi para teknisi servis smartphone saat ini adalah banyak para produsen smartphone kini mebuat dan mendesain smartphone yang sulit untuk diperbaiki.

Soal harga dan biaya servis yang dipatok, sangat relatif tergantung merek, model smartphone, komponen yang rusak dan kesulitan pengerjaan. (*)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved