Asian Games 2018

Kesempatan Ketemu Atlet Ganteng! Panitia Asian Games 2018 Butuh 13.000 Relawan

INASGOC memerlukan tenaga sukarelawan berusia 18-40 tahun untuk tugas-tugas antara lain pengantar tamu-tamu asing

Kesempatan Ketemu Atlet Ganteng! Panitia Asian Games 2018 Butuh 13.000 Relawan
SUPERBALL.ID
Harian Super Ball edisi Selasa (19/9/2017) halaman 11 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 mulai membuka pendaftaran sukarelawan secara resmi melalui situs volunteer.asiangames2018.id untuk seluruh warga negara Indonesia.

"Kami membutuhkan 2.000 sukarelawan ketika penyelenggaraan kejuaraan uji coba untuk 10 cabang olahraga pada Februari nanti di Jakarta, dan 11.000 sukarelawan untuk membantu di Jakarta," ujar Ketua INASGOC, Erick Thohir, di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta.

INASGOC memerlukan tenaga sukarelawan berusia 18-40 tahun untuk tugas-tugas antara lain pengantar tamu-tamu asing yang penting, pengantar ofisial, dan atlet Asian Games, pendukung protokoler penyelenggaraan, serta tugas-tugas umum di lapangan.

Erick menekankan pendaftaran sukarelawan Asian Games bebas biaya sehingga calon-calon yang akan mendaftar diminta tidak memberikan apapun kepada panitia seleksi.

Baca: Biasa Aja Tuh! Tapi Netizen Puji Potingan Ayu Ting Ting Ini,

Baca: Bikin Ngakakk! Indonesia Vs Timor Leste, Kok Jadi Krisdayanti 3-1 Raul Lemos! Ini Sebabnya

"Kami juga menampung para sukarelawan yang mampu berbahasa asing lain seperti bahasa Arab, Tiongkok ataupun Jepang. Itu akan menjadi nilai tambah bagi mereka," kata Erick.

Menurut Erick, dari 13.000 relawan itu, sekitar 30 persen dialokasikan bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia.

"Selain untuk Warga Negara Indonesia, kami juga membuka kesempatan kepada warga asing yang tinggal di sini. Tapi, jatah mereka hanya 30 persen," ujarnya.

Para sukarelawan itu akan terbagi dalam empat kategori tugas yaitu asisten protokoler yang akan mendampingi tamu-tamu asing yang penting, pendamping delegasi negara-negara peserta Asian Games termasuk ofisial dan atlet, penghubung antarlembaga, dan tugas-tugas umum di lapangan.

"Kami akan memberikan penilaian kepada setiap sukarelawan dalam sertifikat mereka. Sertifikat itu akan bermanfaat jika mereka ingin menjadi sukarelawan pada kejuaraan olahraga internasional yang lain seperti Olimpiade maupun untuk surat rekomendasi kerja," kata Erick.

Koordinator Departemen Sukarelawan dan Sumber Daya Manusia INASGOC, Pusparani Hakim, mengatakan, pendaftaran sukarelawan untuk kejuaraan uji coba pada Februari 2018 akan dibuka pada Senin (18/9/2017) hingga 23 Oktober 2017.

"Kami akan menyeleksi mereka secara administratif melalui sistem dalam jaringan, lalu ada psikotes dalam bentuk diskusi grup, kemudian tes wawancara," katanya.

Para sukarelawan Asian Games itu akan mendapatkan uang transportasi, uang makan, dan sejumlah fasilitas termasuk seragam dan sepatu sukarelawan.

Hai Guys! Berita ini ada juga di TRIBUNNEWS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved