Berita HSS

Satu Ton Tangkapan Sehari, Jadikan Danau Bangkau Surga Bagi Nelayan di HSS

Setiap harinya, diperkirakan ikan yang ditangkap dari Danau Bangkau mencapai satu ton ikan air tawar dari danau –berada di Desa Bangkau, Kandangan.

Satu Ton Tangkapan Sehari, Jadikan Danau Bangkau Surga Bagi Nelayan di HSS
Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Selasa (19/9/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Danau Bangkau, memang menjadi surga para nelayan. Betapa tidak, Danau Bangkau yang berada di tiga kabupaten (HSS, HST dan HSU), melimpah oleh berbagai jenis ikan air tawar.

Setiap harinya, diperkirakan ikan yang ditangkap dari Danau Bangkau mencapai satu ton ikan air tawar dari danau –berada di Desa Bangkau, Kecamatan Kandangan – yang memiliki luas 615,5 hektare tersebut.

Berdasar data Dinas Perikanan Hulu Sungai Selatan, produksi ikan air tawar dari Danau Bangkau beragam jenis ikan yakni, haruan, papuyu, sepat siam, sepat rawa, biawan, dan kapar.

Menurut para nelayan setempat, dalam satu hari pencarian ikan menggunakan alat tradisional bisa mendapatkan ikan mulai dari empat kilogram hingga 10 kilogram. Namun bila menggunakan alat setrum, penghasilan ikan jauh lebih besar dan berkali-kali lipat.

“Dalam satu hari mencari ikan dengan alat setrum bisa mendapatkan ikan minimal 50 kilogram,” ungkap satu nelayan yang minta jati diria disebut, kemarin.

Itu sebabnya, sebut dia, aksi penyetruman (ilegal fishing) di Danau Bangkau masih terus terjadi karena pendapatan yanf dihasilkan lebih besar. “Dengan asumsi harga per kilogram Rp 20 ribu, maka pendapatan penyetrum seharinya bisa meraih Rp 1 juta,” bebernya.

Nelayan itu berujar, dulu nelayan tradisional seperti dirinya juga pernah menggunakan alat setrum, Namun setelah mendapat penjelasan dari pihak terkait agar menjaga ekosistem ikan ke depannya, aktivitas ilegal itu pun ditinggalkan.

Warga Desa Bangkau ini mengakui hasil tangkapan dengan cara tradisional jauh lebih sedikit dibading cara menggunakan alat setrum.

"Dampaknya penyetruman sangat buruk. Anak ikan dan induk yang tidak tertangkap saat disetrum ikut mati,” katanya.

Saidinoor, Kepala Dinas Perikanan HSS berujar, luas Danau Bangkau yang masuk wilayah HSS sekitar 615,5 hektare.  "Bila dirata-rata, setiap harinya, ikan yang berhasil ditangkap dari Danau itu sekitar satu ton perharinya," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help