Berita Tabalong

Di Tabalong Ada Program Garduanam untuk Ketahanan Pangan, Apa Itu?

Kepala Dinas Pertanian H Johan Noor Effendi, mengatakan, tujuan dilaksanakannya acara ini untuk mensosialisasikan ketahanan pangan di 2017/2018.

Di Tabalong Ada Program Garduanam untuk Ketahanan Pangan, Apa Itu?
http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id
Padi Inpari 30 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Gerakan dua kali tanam (garduanam) menjadi program yang turut diandalkan untuk bisa meningkatkan ketahanan pangan di kabupaten Tabalong.

Untuk menyukseskan penerapan garduanam ini, Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong mengadakan sosialisasi di ruang eks kantor Bupati Tabalong, Rabu (20/9/2017).

Soalisasi Program Peningkatan Produksi dan Produktivitas Padi melalui Gerakan Dua Kali Tanam (garduanam) tahun 2017/2018 diikuti para camat dan pelaku sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian H Johan Noor Effendi, mengatakan, tujuan dilaksanakannya acara ini untuk mensosialisasikan ketahanan pangan di 2017/2018.

Kegiatan ini dilakukan juga untuk mendukung Upsus Pajale (Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedele).

Untuk mendukung kegiatan ini nantinya akan dilakukan rembuk tani bagaimana cara menanam dan membuat komponisasi untuk mendukung gerakan dua kali tanam.

Ditambahkannya, saat ini sudah ada beberapa kecamatan yang melakukan gerakan dua kali tanam, seperti di kecamatan Tanta, Kelua dan Pugaan.

Tetapi nantinya ditargetkan semua kecamatan bisa melaksanakan gerakan dua kali tan untuk meningkatkan produktivitas padi.

Terkait ini maka pengaturan waktu tanam yang sebelumnya Januari - April diharapkan bisa diubah menjadi dua kali, yakni Oktober- Januari dan Januari- April.

"Dukungan juga kita berikan dengan adanya bantuan dengan memberikan benih bantuan bersubsidi, alat mesin pertanian dan juga pukuk bersubsidi," katanya.

Penulis: Dony Usman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved