Berita Hulu Sungai Utara

Kualitas Air Baku di Hulu Sungai Utara Masih Terjaga

Dengan adanya tiga sungai itu, PDAM Amuntai tak pernah kekurangan sumber air baku meskipun saat musim kemarau seperti saat ini.

Kualitas Air Baku di Hulu Sungai Utara Masih Terjaga
Banjarmasin Post
Banjarmasin Post Edisi 19 September 2017 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saat warga Kota Banjarmasin terancam krisis air bersih, bagaimana dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan? Apalah kesulitan air bersih, terutama saat kemarau?

Kabupaten Hulu Sungai Utara sangat terbantu atas keberadaan Sungai Balangan, Tabalong dan Negara yang selama ini menjadi sumber air baku bagi PDAM Amuntai.

Dengan adanya tiga sungai itu, PDAM Amuntai tak pernah kekurangan sumber air baku meskipun saat musim kemarau seperti saat ini.

Masrani, Plt Direktur PDAM Amuntai membenarkan ketersediaan air baku tak pernah kekurangan, karena diambil dari dua sungai besar.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Lingkungan Hidup guna mengetahui kondisi air baku sungai.

“Hingga kini tidak permasalahan karena kualitas air sungai masih aman untuk dipergunakan,” ujarnya.

Karena ketersediaan sumber air baku dari tiga sungai tersebut, Masrani mengakui tidak mencadangkan sumber air baku lainnya.

“Tidak ada cadangan air baku, karena dua sungai yang menjadi sumber kebutuhan air baku tidak pernah kekeringan,” ucapnya.

Yang mungkin menjadi perhatian pihaknya saat ini adalah menjaga kualitas air sungai jangan sampai tercemar.

Mencegah hal itu, pihaknya menggandeng beberapa pihak agar sungai di Kabupaten HSU tetap aman untuk digunakan sebagai air baku.

“Karena yang bergantung dengan air sungai bukan hanya PDAM tapi juga masyarakat luas,” imbuhnya.

Bersama pemerintah daerah dan masyarakat pihaknya menjaga kebersihan air sungai. Saat ini PDAM Amuntai memiliki 24.000 sambungan rumah (SR), dan pada tahun ini ada penambahan 1.400 pelanggan.

Terpisah, Rusnaidy, Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) berujar, pihaknya memang memiliki agenda melakukan pengecekan kualitas air sungai secara berkala.

“Bukan hanya wujud dari kerja sama dengan PDAM, tapi juga menjadi agenda rutin,” ucapnya. (*)

Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved