BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

191 Calon Kades Cocokkan Nomor Urut dan Tanda Gambar Wajah Sebelum Cetak Surat Suara

sebanyak 191 calon kepala desa dari 52 desa se Tanahlaut sudah mencocokkan nomor urut dan tanda gambar wajah sebelum dicetak menjadi surat suara

191 Calon Kades Cocokkan Nomor Urut dan Tanda Gambar Wajah Sebelum Cetak Surat Suara
Istimewa
Suasana para calon peserta pemilihan kepala desa serentak 2017 yang dikumpulkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanahlaut untuk mencocokkan nomor urut dan fotonya sebelum proses cetak surat suara di Aula SKB Tanahlaut, Jumat (22/9/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Rusdiani Rahman, calon kepala Desa Gunungraja bernomor urut satu mengaku senang proses tahapan identifikasi nomor urut dan wajahnya dengan surat suara pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2017.

"Alhamdulillah, semua calon kepala desa dikumpulkan untuk mencocokkan nomor urut dan foto wajah dalam surat suara. Saya sudah tandatangani karena nomor urut dan fotonya sesuai," katanya kepada BPost Group, Jumat (22/9/2017).

Rusdi panggilan akrabnya mengaku mendapat undian nomor urut satu dalam pilkades serentak di Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang.

Lebih merasa senang, ungkapnya karena dalam kegiatan itu dapat bersilaturrahmi dan bertemu langsung dengan para calon kepala desa Gunungraja lainnya.

"Kami silaturrahmi dan bersepakat untuk pemilihan kepala desa damai di Gunungraja," katanya.

Informasi dihimpun, sebanyak 191 calon kepala desa dari 52 desa se Tanahlaut sudah mencocokkan nomor urut dan tanda gambar wajah sebelum dicetak menjadi surat suara.

Sesuai tahapan, proses percetakan surat suara itu dari 18 September hingga 30 hari kedepan, surat suara sudah selesai.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanahlaut mengumpulkan para calon peserta pemilihan kepala desa serentak di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahlaut.

Tujuannya mencocokkan data nomor urut dan foto wajah calon sesuai data yang diserahkan panitia desa kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanahlaut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanahlaut, Muhammmad Hanil ditemui di Balairung Tuntungpandang usai menghadiri pelantikan KNPI Tanahlaut, membenarkan bahwa verifikasi nomor urut dan foto calon itu untuk kepentingan pencetakan surat suara.

Bagaimana dengan pemilihan kepala desa Muara Kintap? Muhammad Hanil menegaskan jika tahapan penetapan calon tak dapat dilaksanakan, otomatis tertinggal gerbong kereta.

"Dengan berat hati Desa Muara Kintap harus menunggu pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak pada 2019 nanti," katanya.

Kabupaten Tanahlaut sukses melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada 2015 lalu, di 24 Desa. kemudian tahun ini diikuti 53 Desa. Namun, belakangan satu desa di Muara Kintap, masih bermasalah pada tahapan penetapan lima calon dari 12 bakal calon kepala desa hingga jadwal 17 September 2017 terlampaui. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help