BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Utara

Bakal Ada Pemilihan BPD Serentak di HSU, Begini Persiapannya

Pihaknya pun telah melakukan pengecekan ke beberapa desa dan seluruh persiapan telah dilakukan.

Bakal Ada Pemilihan BPD Serentak di HSU, Begini Persiapannya
net
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang dilakukan serentak pada Sabtu (24/9) di 214 desa.

Anggota BPD yang terpilih sekitar 1100 anggota dari seluruh Daerah Pemilih (Dapil) yang ada. Sebagian besar dalam satu deaa bakal terpilih empat Anggota BPD dari Dapil dan satu untuk keterwakilan perempuan yang pemilihnya seluruhnya perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Dwi Hadi Syaputra mengatakan ada juga beberapa desa yang jumlah anggota BPD terpilihnya berjumlah tujuh dan sembilan karena lebih luas wilayahnya dan lebih banyak penduduknya.

Seluruh undangan kepada warga telah dibagikan dan panitia pun telah mempersiapkan surat suara serta bilik suara. Pelaksanaan pemilihan BPD menggunakan anggaran dana desa yang bersumber dari APBD.

"Anggota BPD terpilih akan melakukan musyawarah untuk pembentukan struktur dalam BPD," ujarnya.

Pihaknya pun telah melakukan pengecekan ke beberapa desa dan seluruh persiapan telah dilakukan.

Anggota BPD terpilih memiliki beberapa tugas terpasuk pengawasan terhadap program yang dilakukan desa. BPD tidak memiliki penghasilan tetap melainkan ada Tunjangan dan operasional yang disahkan dalam peraturan bupati.

Dwi Hadi berharap pelaksanaan pemilihan BPD di tingkat desa bisa diikuti oleh banyak warga dan berjalan dengan lancar.

Desa Guntung Kecamatan Amuntai Utara sempat ingin mengadakan pemilihan dengan tidak menggunakan Dapil, pemilihan dilakukan secara global dan hal tersebut melanggar aturan.

"Tapi kami telah berkoordinasi dengan camat dan kepala desa untuk melaksanakan pemilihan sesuai dengan aturan yaitu menggunakan Dapil, jika tetap dilaksanakan secara global maka kemungkinan akan diadakan pemilihan ulang," ujarnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help