Berita Banjarmasin

Gadget Juga Punya Andil Munculnya Penyakit Diabetes, Ini Penjelasan Pakar

Penyakit diabetes atau kencing manis tidak hanya disebabkan genetik atau faktor keturunan, tapi juga bisa disebabkan gaya hidup yang salah.

Gadget Juga Punya Andil Munculnya Penyakit Diabetes, Ini Penjelasan Pakar
banjarmasinpost.co.id/salmah
Seminar Awam Bagi Diabetesi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penyakit diabetes atau kencing manis tidak hanya disebabkan genetik atau faktor keturunan, tapi juga bisa disebabkan gaya hidup yang salah. Perbandingannya adalah 50 persen karena genetik dan 50 persen akibat gaya hidup.

Fakta di atas disampaikan Prof Agung Pranoto, Ketua PB Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia) pada Seminar Awam Bagi Diabetesi dan Pelantikan Pengurus Persadia Kota Banjarmasin di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu (23/9).

"Gaya hidup yang salah itu contohnya pola makan yang tidak terukur. Makanan seolah jadi hiburan. Saat perut tidak lapar tapi ketika ada makanan enak, malah tergiur memakan," ungkapnya.

Baca juga: Nikahsirri Com, Waduh Tawarkan Jasa Lelang Perawan dengan Iming-Iming Miliaran Rupiah

Kemudian perubahan gaya hidup di era digital. Bantuan gadget dalam pekerjaan dan aktivitas harian membuat tubuh kita kurang gerak. Istirahat kurang dan malas berolahraga.

"Ada 12 juta pasien diabetes di tanah air. Melalui Persadia maka masing-masing bisa memdapat edukasi juga saling sharing pengalaman. Sehingga potensi sembuh semakin besar. Ini juga menekan kenaikan jumlah penderita dan mengurangi biaya pengobatan, sebab 30 persen tanggungan BPJS diserap untuk pengobatan diabetes," ungkapnya.

Baca juga: Gojek Satu Ini Tak Narik Penumpang, Tapi Dibilang Pria Sejati, Begini Kisah Pilunya

Dr Fauzia Nurliani SpPD, Ketua Persadia Banjarmasin, menyampaikan, penderita diabetes semakin naik setiap tahunnya dan tidak semua terdeteksi.

"Dari satu orang yang terdiagnosa oleh dokter, ternyata ada dua lagi yang tidak terdeteksi. Begitu perbandingannya," jelasnya.

Melalui Persadia, Fauzia mengajak penderita diabetes bergabung (gratis). Kemudian di Laboratorium Prodia rutin digelar penyuluhan dan senam setiap Minggu pagi di RS Gigi Mulut Gusti Hasan Aman Banjarmasin.

Seminar yang dilaksanakan Laboratorium Prodia dan disponsori Diabetasol ini bertema Indonesia lawan diabetes bersama Diabetasol. Ayo Start 3 J (jumlah makanan, jenis pilihan makanan, jadwal atur jadwal makan) cegah sebelum terlambat.

Zainab, Branch Head PT kalbe Nutritionals Banjarmasin, memaparkan, market share Diabetasol 99 persen menguasai pasar nutrisi khusus untuk diabetes di Indosesia. Sedangkan di Kalimantan nomor satu.

"Kami selalu mendukung kegiatan yang berkaitan kesehatan, apalagi kami punya produk kesehatan yang banyak," jelasnya.

Margareta, Branch Manager Laboratorium Prodia Banjarmasin, mengatakan, seminar ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar memahami tentang diabetes.

"Jangan takut, kami siap melayani deteksi dini untuk mengetahui adanya kemungkinan pre diabetes. Kalaupun didteksi terkena diabetes, kami bantu mengelola dengan lifestyle, check up, bimbing olahrga dan tangani stres," tandasnya.

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help