Berita Banjarmasin

Pelantikan Kepengurusan DPD Senam Tera Kalsel, Ini Pesan Ketum DPP

Usai dilantik, Hendra sapaan akrabnya mengatakan, berupaya mengembangkan senam tera agar lebih dikenal dan diikuti warga banua.

Pelantikan Kepengurusan DPD Senam Tera Kalsel, Ini Pesan Ketum DPP
banjarmasinpost.co.id/mariana
Suasana pelantikan kepengurusan DPD Senam Tera Kalsel, di Kantor Kemenhumkam Kalsel, Sabtu (23/9/2017) Mariana 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Senam Tera Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) 2017, Hendra Eka Putera resmi dilantik periode 2017-2021, di Kantor Kementrian Hukum dan HAM Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (23/9/2017).

Hendra Eka Putra yang juga menjabat Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin ini, dikukuhkan bersama segenap pengurus secara langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Senam Tera Indonesia, H Nono Sampono.

Usai dilantik, Hendra sapaan akrabnya mengatakan, berupaya mengembangkan senam tera agar lebih dikenal dan diikuti warga banua.

"Jangka pendek ini kami akan mengenalkan dan mewajibkan senam tera ini kepada warga binaan lapas, dan selanjutnya akan mengembangkannya di masyarakat umum," ujarnya.

Baca juga: Timnas U-12 Indonesia Juara Group D, Motivasi Pelatih : Tak Ada Musuh yang Ditakuti kecuali Tuhan

Lebih lanjut, Hendra berserta kepengurusan provinsi secepatnya akan membentuk kepengurusan di kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan (ranting) dan kelurahan (sasana) se Kalsel.

Sementara itu, Nono Sampono menuturkan, tujuan dari senam tera ini mengajak masyarakat hidup sehat dan bugar. Karena senam tera atau terapi memiliki tiga unsur manfaat yakni, peregangan, persendian, dan pernapasan.

"Di Kalsel ini adalah kepengurusan ke 16, kami berharap ke depan akan terus berkembang, karena di dalamnya ada unsur pengobatan. Sebagai contoh kakak kandung Alm Ainun Habibie yang berusia 86 tahun, rutin melakukan senam tera, hingga saat ini sehat dan bugar," paparnya.

Ditambahkannya, menurut survey WHO, 82,3 persen masyarakat Indonesia memiliki kesehatan yang bermasalah. Adanya senam tera diharapkan dapat menekan angka penyakit yang ada di Indonesia.

Sebelum pengukuhan pengurus, digelar senam tera bersama para warga binaan Lapas Banjarmasin. Sebanyak 250 narapidana turut mengikuti senam tera di halaman Kantor Kemenhumkam Kalsel, Banjarmasin.

"Bag para warga binaan itu, senam tera dapat sebagai wadah pembinaan mental dan fisik. Diharapkan nantinya mereka dapat menjadi terawan dan terawati untuk yang lain," pungkasnya. (*)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help