Kriminalitas Banjarmasin

Penyelundupan Burung di Pelabuhan Trisakti Berhasil Digagalkan Berkat Petugas Lakukan Ini

Polisi mencurigai truk yang dikemudikan SR (48), warga Kalimas Baru, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya.

Penyelundupan Burung di Pelabuhan Trisakti Berhasil Digagalkan Berkat Petugas Lakukan Ini
dokumen
BPost cetak edisi, Sabtu (23/9/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 219 burung gagal diselundupkan ke luar Kota Banjarmasin melalui Pelabuhan Trisakti. Burung itu ditemukan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta Banjarmasin yang melakukan pemeriksaan, Rabu (20/9) sekitar pukul 03.30 Wita.

Polisi mencurigai truk yang dikemudikan SR (48), warga Kalimas Baru, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya. Benar saja saat petugas membuka bak truk bertutup terpal itu, didapati ratusan burung dalam boks plastik yang biasa digunakan untuk buah lengkeng.

Disebutkan dia, pengungkapan berawal saat anggotanya melakukan pemeriksaan rutin di Pelabuhan Trisakti.

“Saat memeriksa sebuah truk yang proses muat ke kapal, kami mendapati ratusan burung di 19 boks bekas buah lengkeng,” jelas kapolsek yang akrab disapa Susi tersebut.

“Sopir masih sebagai saksi. Kami pun masih menyelidiki dari mana burung-burung itu berasal, yang pasti dari Banjarmasin mau dibawa ke Surabaya,” ungkapnya.

Diamankannya ratusan burung ini mengacu pasal 6 huruf a dan c dan pasal 9 UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina hewan, ikan dan tumbuhan.

Guna kepentingan proses lebih lanjut pihaknya berkoordinasi dengan BKSDA. “Saksi dan barang bukti berupa burung sebanyak 219 ekor kami serahkan ke BKSDA,” imbuh Susi.

SR dan ratusan burung dijemput pihak BKSDA ke Mapolsek KPL, Rabu (20/9) siang.

Petugas BKSDA dipimpin Samsi dan dua petugas lainnya Rewaler Simbolon dan Dariansyah.

“Kami akan terus memperketat pengawasan dan pemeriksaan di wilayah pelabuhan. Jika terjadi pelanggaran, maka tentu akan ditindak tegas,” pungkas Kompol Susilawati.

Mau baca berita Banjarmasin Post? klik DI SINI

Penulis: Didik Trio
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved