BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Utara

Catat! Warga HSU Tak Perlu Lagi ke Kandangan Berobat THT, karena Sudah Ada Ini

Pasalnya selama ini poli THT masih diisi oleh dokter umum yang hanya mampu menangani penyakit ringan

Catat! Warga HSU Tak Perlu Lagi ke Kandangan Berobat THT, karena Sudah Ada Ini
Antara
Ilustrasi- Ambulance RSUD Pembalah Batung Amuntai 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Sebelumnya warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) selalu di rujuk ke RSUD Kandangan jika memerlukan penanganan lanjutan untuk penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher (THTKL).

Pasalnya selama ini poli THT masih diisi oleh dokter umum yang hanya mampu menangani penyakit ringan, sedangkan kasus yang memerlukan operasi dirujuk ke RSUD Kandangan.

Namun saat ini tak perlu lagi karena RSUD Pembalah Batung telah memiliki dokter spesialis THT KL yang bulan ini sudah mulai melayani pasien. Sehingga warga takbperlu lagi ke luar daerah untuk mendapatkan penanganan.

Seperti yang diungkapkan Diah warga Desa Palimbangan, dirinya sempat melakukan pengecekan teliga karena merasa sakit setiap kali terkena getaran, dan kadang tak bisa mendengar. "Saat itu periksa dan perlu tindakan lanjutan, dan dirujuk ke RSUD Kandangan, namun karena tak cukup waktu jika pagi berangkat dari Amuntai jadi langsung ke dokter praktek di Kandangan pada sore hari, biayanya cukup mahal dan jauh," ujarnya.

Diah mengatakan jika ingin periksa ke RSUD Kandangan perlu menginap dihari sebelumnya atau bahkan berangkat pada pagi buta agar tidak terlalu lama antrian. Namun karena dirinya sering kali tak memiliki waktu akhirnya memilih untuk periksa ke praktek dokter spesialis THT.

Dirinya bersyukur jika memang ada dokter spesialis THT KL di RSUD Pembalah Batung karena dapat menghemat waktu dan biaya. "Tidak jauh lagi jika ingin memeriksakan telinga saya, meskipun saat ini sudah tidak sakit lagi," ujarnya.

Terpisah Kepala Direktur RSUD Pembalah Batung dr Agus Fidliansyah mengatakan dr Hj Hamita Sp. THT KL sudah sekitar dua minggu berpraktek. Dan dengan adanya penambahan dokter spesialis akan menibgkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dokter yang sebelumnya berpraktek di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin ini sudah bisa melakukan tindakan seperi operasi telinga serta amandel. "Beberapa kasus yang sering diderita pasien adalah amandel, polip hidung, gangguan telinga dan pembesaran leher," ujarnya.

dr Agus menambahkan untuk peralatan sudah lengkap sejak awal, peralatan pemeriksaan yang telah menggunakan kamera serta peralatan tindakan seluruhnya sudah mencukupi.

"Bagi pasien yang sempat di rujuk ke RSUD Kandangan dan sering melakukan pengobatan kesana, kini bisa menjalani pengobatan keluhan THT KL di RSUD Pembalah Batung," ungkapnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help