Berita Kotabaru

Canggih, Aplikasi ECC Milik Polres Kotabaru Pantau Hotspot Terkini, Ada Layanan Panggilan Luar Biasa

Electronic Command Center (E-CC) yang beberapa waktu lalu diluncurkan Polres Kotabaru cukup canggih.

Canggih, Aplikasi ECC Milik Polres Kotabaru Pantau Hotspot Terkini, Ada Layanan Panggilan Luar Biasa
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kabag Ops Polres Kotabaru Kompol Arief Prasetya saat mengecek hot spot melalui E-CC yang baru diluncurkan 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Harus diakui. Bukan saja satu-satunya di Indonesia, tapi Electronic Command Center (E-CC) yang beberapa waktu lalu diluncurkan Polres Kotabaru cukup canggih. 

Kecanggihan E-CC, tidak hanya terintegriras satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Namun kehadiran aplikasi sangat mempermudah kerja personel Polres Kotabaru

Dari 12 aplikasi tersedia di E-CC. Salah satu aplikasi yang memudahkan kerja personel Polres Kotabaru yaitu aplikasi PLB (panggilan luar biasa). Tidak hanya internal Polres Kotabaru, namun aplikasi ini juga bisa digunakan masyarakat umum.  

Bisa dibayangkan. Salah satu kecanggihan aplikasi PLB, karena bisa langsung memantau hot spot di seluruh wilayah Kabupaten Kotabaru hanya dari atas 'meja'. 

Aplikasi ini karena langsung terkoneksi dengan jaringan GPS milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Bila satelit BMKG aktif. Aplikasi ini langsung terkoneksi. Setiap hari update. Kami bisa mengetahui bila ada hot spot," kata Kabag Ops Polres Kotabaru Kompol Arief Prasetya.

Menurut perwira yang dikenal cukup inovatif ini, aplikasi PLB tidak hanya bisa secara langsung mendeteksi hot spot di semua wilayah di Kabupaten Kotabaru. 

"Tapi terpantaunya hot spot langsung bisa diantisipasi. Karena anggota yang ada di lapangan juga bisa melihat dari handphone. Bila ada hot spot anggota terdekat dari lokasi langsung bisa mengecek. Bila butuh bantuan petugas lain tinggal tekan tombol panggilan," katanya. 

Di aplikasi PLB juga terpantau titik sarana prasarana yang bisa digunakan, seperti titik keberadaan embung serta titik ketersediaan sarana lainnya seperti mobil damkar. 

"Mulai kemarin sampai hari ini tidak terlihat hot spot," tandasnya. (*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help