Kalangan Komunitas Permainan Tradisional Puas Ikuti Ajang Ketangkasan

Lantaran baru kali pertama mengikuti lomba se-Kota Banjarmasin, Gusti Muhammad terlihat gugup memegang alat pemukul logo.

Kalangan Komunitas Permainan Tradisional Puas Ikuti Ajang Ketangkasan
banjarmasin post group
PESERTA dari sejumlah komunitas antusias mengikuti lomba permainan tradisional 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sorak-sorai penonton dan suporter sejumlah komunitas permainan tradisional menggema di Lapangan Kamboja di Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin, Sabtu (23/9) lalu. Mereka menyemangati masing-masing tim yang didukung.

Ada beberapa tim permainan tradisional yang berlaga saat itu yakni pasangan Helidah-Jannah, Piah-Syaibah, Dewi -Widia dari Komunitas Bermain Bios (Alalak Utara) serta pasangan Friadatu Jannah-Yenny EM.

Pada ajang lomba yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota, Banjarmasin, tersebut, mereka adu kepiawaian bermain egrang.

Ada juga lomba balogo yang diikuti peserta laki-laki di antaranya Gusti Muhammad, Naji, Madi, Maskur, Suriansyah, dan Hatif dari Komunitas Pendamai Kampung Permanan Tradisional Banua (KPTB), Teluk Tiram, Banjarmasin.

Lantaran baru kali pertama mengikuti lomba se-Kota Banjarmasin, Gusti Muhammad terlihat gugup memegang alat pemukul logo.

"Maklum biasanya kami hanya main di kampung. Alhamdulilillah dari enam orang ikut lomba balogo, lima orang menang," ucapnya, Rabu (27/09/2017).

Tak jauh dari lokasi lomba balogo, juga terdengar pekikan suporter yang memberi semangat timnya yang bertarung pada lomba bakiak, asinan, dan tarik tambang. Lomba ini diikuti peserta putra dan putri.

Koordinator Komunitas Pendamai Kampung Permainan Tradisional Banua, Teluk Tiram, Banjarmasin, Hj Siti Nursiah, mengatakan pada lomba tersebut pihaknya hanya mengikuti dua nomor yakni balogo dan tarik tambang.

"Kami dapat informasi dua hari sebelum hari ‘H’ sehingga persiapan sangat minim. Karenanya fokus kami berpartisipasi dan menyukseskan lomba permainan tradisional saja," ucapnya.

Menurut Nursiah, dengan adanya lomba ini akan menambah motivasi bagi para pembina komunitas permainan tradisional di Kota Banjarmasin. 

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Kamis (28/09/2017).

(syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help