Kebakaran Lahan Merambat ke Area Tahura Sultan Adam, Heli Turunkan Bom Air

Meski hujan lebat mengguyur wilayah Kalsel,ternyata masih ada lahan yang terbakar dan ditengara masih masuk di dalam kawasan Tahura Sultan Adam

Kebakaran Lahan Merambat ke Area Tahura Sultan Adam, Heli Turunkan Bom Air
BPBD Prov Kalteng
Helikopter terlihat menjatuhkan bom air pada titik-titik terjadinya kebakaran lahan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Meski masih terjadi hujan lokal di sejumlah spot di Kalsel, ternyata itu belum dapat menjamin tidak adanya kebakaran hutan dan lahan. Buktinya, masih ada lahan yang terbakar dan ditengara masih masuk di dalam kawasan Tahura Sultan Adam.

Karena luasan area yang cukup lumayan, maka diterbangkan satu pesawat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memadamkan spot yang terbakar di areal kawasan tahura tersebut. 

Beberapa kali,  helikopter dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK) tipe Bell yang dipiloti oleh Captain Marcelino, Ramdhani tersebut melakukan poengeboman untuk memadamkan titik di lokasi areal kawasan Tahura tersebut.

Menurut HLO dari KLHK, Berry membenarkan bahwa beberapa hari cuaca panas ada titik api dan satgas udara melakukan operasi.

"Kebetulan kami ditugaskan dapat di kawasan Tahura dan kami sudah laksanakan dan berhasil," kata Berry dari petugas KLHK. 

Bukan hanya heli tersebut, akan tetapi Heli dari BNPB juga diterbangkan untuk pengoperasian pengeboman air di beberapa wilayah di Kalsel termasuk di Tanah Laut (Tala).  Dari data yang dilansir oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, kebakaran hutan dan lahan sudah cukup meluas jumlah arealnya yang terkena terutama di bulan September 2017.

Paling banyak yang terkena di kawasan hutan di tengara adalah di Kawasan Kotabaru sebanyak 103,85 Hektar, dan disusul Tanahlaut dengan Kawasan hutan seluas 68,5 Hektar dan peringkat tiga Tanah Laut dengan luasan hutan sebanyak 60 hektar. (*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help