Berita Tanahlaut

NEWSVIDEO: BNPB Apresiasi Kesiapan Armada dan Regu Pemadam Kebakaran Lahan di Tanahlaut

Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah untuk pertama kalinya naik pesawat helikopter water booming milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BANJARMASINPOST.CO.ID,  PELAIHARI - Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah berkesempatan melihat wilayah yang dipimpinnya dari ketinggian.

Itu diakuinya kali pertama menaiki pesawat helikopter water booming milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Saya melihat masih ada beberapa titik api. Tapi tidak banyak di wilayah Kecamatan Kurau dan Kecamatan Batibati. Efektif memang memadamkan kebakaran lahan dari atas menggunakan water booming," katanya kepada para wartawan.

Keberadaan helikopter yang mampu membawa sekitar 20 orang dewasa itu mendarat di tengah lapangan sepak bola Stadion Pertasi Kencana Pelaihari. Itu melengkapi barisan kesiapan unit armada dan regu pemadam api dalam penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Tanahlaut.

Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah saat melihat wajah Bumi Tuntungpandang dari balik kaca helikopter tidak sendiri.

Ia bersama Inspektur Utama BNPB, Bintang Susmanto, Kasdim 1009 Pelaihari, Mayor Israq Karim, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, Syahrian Nurdin dan pejabat tinggi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut.

Inspektur Utama BNPB, Bintang  Susmanto sudah bertolak dari Kabupaten Tanahlaut, Selasa (26/9/2017). Itu setelah melihat langsung kesiapan armada dan regu pemadam kebakaran lahan di Tanahlaut.

Bintang Susmanto memberikan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Tanahlaut yang diterima Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah di Balairung Tuntungpandang.

Itu merupakan apresiasi BNPB atas dedikasi dan upaya Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah bersama pejabatnya mendorong upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan di Tanahlaut.

Gunung Kayangan juga dikunjungi Bintang Susmanto bersama rombongan dari BPBD Provinsi Kalsel karena di lahan itu akan dijadikan lokasi pembangunan sekolah penanggulangan bencana sekaligus lokasi latihan penanggulangan bencana se Indonesia.

Ada beberapa provinsi di Indonesia yang akan dibangunkan sekolah dan lokasi latihan penanggulangan bencana Pemerintah Pusat. Khusus di Kalimantan, Untung Susmanto menilai paling layak Kabupaten Tanahlaut karena memiliki banyak kelebihan dari demografi, geografi serta sosial masyarakatnya.

Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah berjanji memproses hibah lahan itu karena di lokasi itu juga berdiri markas Manggala Agni dan Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan selama di Tanahlaut, Untung Susmanto  meninjau pembangunan jalan pertanian pra rekonstruksi pasca banjir di Kecamatan Kurau dan penyerahan unit alat mesin pertanian dari dana tanggap darurat bencana banjir BNPB. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved