Berita HSS

Tekan Angka Perkawinan Anak Usia Dini, Begini Upaya Pemkab HSS

Bupati HSS H Achmad Fikry menegaskan Pemkab HSS terus mendorong agar perkawinan anak jangan sampai terjadi di bawah umur.

Tekan Angka Perkawinan Anak Usia Dini, Begini Upaya Pemkab HSS
Dinas Kominfo Kabupaten HSS
Sosialisasi pencegahan perkawinan pada usia anak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak digelar Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS.

Kegiatan ini digelar di Gedung Kesenian Dinas Pendidikan HSS, Rabu, (27/9) dengan pesertanya Kepala Sekolah SMP, MTsN, SMA, SMK, dan MA serta para Kepala KUA Kecamatan.se-Kabupaten HSS. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Is Susilastuti menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti MoU yang telah ditandatangani bersama beberapa pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.

Selama ini pihaknya terus berupaya melaksanakan berbagai penyuluhan ke tengah masyarakat untuk menekan angka perkawinan usia dini di HSS.

"Sekolah dulu, dilanjutkan kuliah dan bekerja, baru menikah," katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry menegaskan pemkab HSS terus mendorong agar perkawinan anak yang dilaksanakan jangan sampai terjadi di bawah umur.

"Minimal anak sudah lulusan SLTA atau sederajat. Hal ini semata-mata untuk melindungi si anak dari KDRT dan menurunkan resiko meninggal dunia saat melahirkan," katanya.

Pihaknya juga berharap para guru di Sekolah, Kepala Sekolah dan orang tua agar bisa mendorong anak-anaknya agar terus sekolah minimal hingga lulus SLTA sederajat.

"Setelah lulus sekolah, baru dizinkan menikah. Kita harus bersama-sama menekan semaksimal mungkin pernikahan dini, agar anak lebih siap untuk berkeluarga," tambahnya. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved