BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

Gubernur Kalsel Bercebur ke Laut, Rupanya Dia Terima Tantangan Ini

Melihat pria yang akrab disapa Paman Birin itu bercebur dan berenang, beberapa orang yang berada di atas speedboad ikut melakukannya.

Gubernur Kalsel Bercebur ke Laut, Rupanya Dia Terima Tantangan Ini
Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat bercebur ke laut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dari atas speedboat karet milik TNI AL Banjarmasin, langsung menceburkan diri ke laut berenang menuju bibir Pantai Batakan, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (28/9/2017).

Melihat pria yang akrab disapa Paman Birin itu bercebur dan berenang, beberapa orang yang berada di atas speedboad ikut melakukannya.

Memang, awalnya Paman Birin ikut menyelam bersama yang diadakan Dispotmar Mabesal TNI AL dan Lanal Banjarmasin dalam rangka HUT ke-72 TNI dan Hari Jadi ke-72 TNI AL.

Baca: Paman Birin Ingatkan Hal Ini Saat Buka Festival Umrah, Haji dan Halal Tour BSM Berkah Expo

Dengan panduan dan bimbingan dari anggota Dispotmar Mabesal TNI AL, para peserta selam diajarkan teknik-tehnik dasar penyelaman. Sama halnya Paman Birin dengan seksama mendengarkan arahan dari seorang instruktur selam. Walau kondisi sedikit flu, tapi Paman Birin berani menerima tantangan untuk menyelam.

Peserta terdiri dari perwakilan Pramuka Saka Bahari, KSOP, Ditpolair Polda Kalsel, Korem 101/Ant, Bea Cukai, SAR, Dinas Perhubungan, Pemprov Kalsel dan anggota Lanal Banjarmasin.

Baca: Paman Birin Sampaikan Pesan Ini Saat Lepas 110 Benih Ikan Lokal

Mereka dibagi dua trip penyelaman, trip pertama rombongan Gubernur Kalsel, Danlanud dan dari Korem 101/Ant menuju spot menyelam dekat dengan Pulau Datu, hanya beberapa menit menyelam beberapa peserta dan Paman Birin naik ke permukaan air, akibat disposal air keruh sehingga tidak terlihat jelas keadaan dalam laut.

Peserta naik keatas speed boat untuk melepaskan peralatan menyelam, termasuk Paman Birin, mungkin kurang puas, Paman kembali bercebur dan berenang menuju bibir Pantai Batakan diikuti peserta, padahal dari spot penyelaman ke bibir pantai lumayan jauh, terlebih di bibir pantai ratusan warga dan anak-anak dari kejauhan menunggu Paman sampai ke pantai.

Dalam kegiatan ini, peserta justru diberi apresiasi oleh TNI AL, melalui Kasat Lambair Dispotmar Mabesal, Kolonel Laut Erwin Christiyadi Gora dan Danlanal banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky Dipura memberikan bripet penyelaman kepada peserta dan langsung dilakukan penyematan kepada Gubernur Kalsel yang sudah berani mengambil tantangan ikut menyelam.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat bercebur ke laut
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat bercebur ke laut (Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto)


Paman Birin, menyambut baik atas apa yang dilakukan Dispotmar Mabesal TNI AL dan Lanal Banjarmasin yang pada hari ini mengadakan acara menyelam bersama, ini justru menggiatkan wisata bahari di Kalsel.

"Tapi sayang, di Pulau Datu airnya keruh, tapi tidak apa-apa, masih banyak tempat-tempat wisata di Kalimantan Selatan yang mempunyai alam bawah laut yang indah, dari batu karangnya dan berbagai jenis ikan yang ada di dalamnya," ujar Paman Birin.

Dia berharap, TNI terus maju bersama rakyat, dan bagi TNI AL yang juga memperingati hari jadi ke-72, terus menjaga laut Indonesia. "Jangan sampai nelayan-nelayan asing mencuri di laut kita," tandasnya.

Penulis: Aya Sugianto
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help