Berita Hulu Sungai Selatan

Musim Penghujan Danau Bangkau Meluap, Pertanian Terendam, Petani Pun Menjadi Nelayan

Warga Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan (HSS) harus bisa memperkirakan musim penghujan dan melubernya Danau Bangkau

Musim Penghujan Danau Bangkau Meluap, Pertanian Terendam, Petani Pun Menjadi Nelayan
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Masyarakat Desa Muning Baru memanfaatkan lahan yang kering dengan berkebun buah-buahan berbagai jenis. Ada semangka, tomat, dan lombok yang ditanam oleh warga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Warga Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan (HSS) harus bisa memperkirakan musim penghujan dan melubernya Danau Bangkau di Desa Bangkau Kecamatan Kandangan.

Saat musim penghujan tiba dan Danau Bangkau tidak sanggup menampung air, maka kondisi alam Desa Muning Baru dan sekitarnya akan berubah menjadi perairan sepanjang mata memandangan.

Lahan pertanian akan lenyap menjadi perairan yang akan ditumbuhi rumput liar. Para petani akan berubah haluan menjadi nelayan.

Baca juga: Bikin Ngakak! Netter Komentari Foto Setnov Terbaring, "Kalo Sehat Datang Ya ke Undangan KPK"

"Saat musim penghujan, kita sebagai nelayan mencari ikan. Lahan pertanian ini akan terendam air. Bila kita salah perhitungan atau kondisi alam diluar prediksi, kerugian bisa terjadi saat tanam buah," kata Ahmad Andi, Jumat, (29/9).

Warga Desa Muning Baru menuturkan, tidak jarang para petani harus merugi puluhan juta saat tanaman buah yang sudah mulai siap panen terendam luapan air Danau Bangkau.

Baca juga: Ternyata Niat Puasa Muharram atau Puasa Asyura Boleh Dibaca Siang Hari, Ini Penjelasannya

"Selain perhitungan yang matang, faktor alam sangat berpengaruh dengan hasil kebun buah kita. Tahun ini, Alhamdulillah warga sini bisa panen dengan baik," lanjutnya.

Usaha selama kurang lebih 60 hari mulai menanam, merawat, memupuk membuahkan hasil. Keringat dan lelah terbayarkan setelah melihat buah semangka yang sudah siap panen dan dijual.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved