Berita HSS

NEWSVIDEO: Berkah di Musim Kemarau, Buah Semangka Melimpah di Tengah Danau Bangkau

Surutnya Danau Bangkau menjadi berkah warga. Rumput yang tumbuh saat musim penghujan menjadi pupuk di musim kemarau berubah jadi kebun semangka

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Masyarakat Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah terbiasa dengan kondisi alam yang terjadi di desanya.
    
Mereka harus bisa memaksimalkan dua alam yang berbeda yang mereka lalui tiap tahunnya. Musim kering dan musim basah dengan air yang melimpah.
    
Kades Muning Baru Gusriadi mengatakan ada 1685 jiwa dengan 513 kepala keluarga masyarakat yang ada di desanya.
    
"Saat musim kering, hampir mayoritas warga di sini berkebun. Sekitar 80 persen," katanya, Jumat, (29/9/2017).
    
Dengan luas desa 2812 hektar yang terbagi menjadi empat RT, buah semangka yang dihasilkan sangat melimpah. Sehingga bisa membuat warga berkecukupan.
   
"Surutnya danau Bangkau menjadi berkah bagi warga kita. Rumput yang tumbuh saat musim penghujan menjadi pupuk saat musim kemarau," katanya.
    
Pihaknya berharap warganya terus bisa memaksimalkan kondisi alam yang terjadi di desanya. Saat musim penghujan mencari rijeki sebagai nelayan dan saat kemarau menjadi petani.
    
"Hasil sangat luar biasanya. Terbukti banyak pemuda di sini yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Usaha yang dilakukan warga desa mampu memenuhi keperluan hidup dan menyekolah anak hingga dibangku perkuliahan," tambahnya (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved