BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

Elegan dalam Sentuhan Kain Nusantara, Begini Cara Memadupadankannya

Rok batik, misalnya kombinasi blus maupun atasan lainnya dapat diterapkan untuk menghadiri acara kondangan dan acara formal lainnya.

Elegan dalam Sentuhan Kain Nusantara, Begini Cara Memadupadankannya
Serambi Ummah Edisi Jumat (29/9/2017) Halaman H 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KAIN Nusantara macam batik, jumputan, hingga sasirangan tak lekang oleh masa. Kain-kain yang merupakan kekayaan khazanah budaya Indonesia ini tetap disukai, termasuk oleh generasi muda dengan membikinnya di antaranya menjadi rok menawan berdesain modern.

Muslimah berjilbab pun banyak menyukainya, dan memadukan rok berbahan kain Nusantara ini dengan atasan model kebaya, bahan brokat hingga blouse atau blus berbahan satin nan melayang. Tampilan muslimah pun tampak menawan dan elegan.

Rok batik, misalnya kombinasi blus maupun atasan lainnya dapat diterapkan untuk menghadiri acara kondangan dan acara formal lainnya.

Rok batik dapat dijumpai di berbagai toko fashion di Banjarmasin, di antaranya Toko Adelia Fashion. Toko yang berada di Jalan Kelayan B ini menjual berbagai mode fashion kaum Hawa, seperti blus dan rok batik.

Khusus rok batik, ada yang lamgsung satu setel, ada pula hanya rok saja. Satu setel dibanderol dengan harga berkisar Rp 110 ribu sampai Rp 150 ribu.

"Untuk rok saja sekitar Rp 65 ribu sampai Rp 80 ribu, sedangkan atasan blus sekitar harga Rp 60 ribu sampai Rp 75 ribu," kata karyawan Toko Adelia Fashion, Novrianti.

Pemakaian blus dan rok batik, umumnya dapat dipadupadankan dengan kerudung segiempat maupun pashmina yang berwarna senada.

“Jika motif rok batik cukup mencolok, maka sebaiknya muslimah hanya menggunakan kerudung polos baik segiempat maupun pashmina,” ujarnya.

Pemilik Toko Sari Fashion, Hj Sari Rasmiyah mengatakan, di tokonya banyak menyediakan stok batik baik atasan maupun bawahan, serta blus. Warna dan motif yang ditawarkan cukup bervariasi. Umumnya pembeli mayoritas dari kalangan remaja.

Menurut perempuan biasa dipanggil Sari, pembeli rok batik dan blus di tokonya sebagian besar bertujuan untuk dikenakan pada saat yudisium maupun wisuda. Selain itu, ada pula ibu-ibu yang ingin mengenakannya saat kondangan atau acara resmi.

"Rok batik sekarang tidak hanya dipadupadankan dengan atasan batik juga, tapi bisa dengan blus dan brokat. Sekarang muslimah yang beli tidak hanya ke acara formal, semiformal atau pengajian juga bisa," kata Sari.

Harga rok batik maupun blus yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp 150 ribu sampai Rp 350 ribu per setel. Khusus blus mulai dari Rp 65 ribu sampai Rp 80 ribu.

Untuk jenis kedurung yang cocok dipadukan dengan busana kain Nusantara, menurutnya, sangat fleksibel. Dapat berupa kerudung satin, paris, katun dan lainnya yang berbentuk segiempat, maupun pashmina.

"Bisa gunakan warna kalem, karena biasanya corak batik lumayan ramai. Jadi, bisa pakai warna-warna netral, dan hiasan seperti bros maupun headband tetap bisa digunakan, asal sesuai dengan keperluan," katanya. (naa)

Berita ini telah diterbitkan di Serambi Ummah Edisi Jumat (29/9/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help