Berita HSU

Peringati 10 Muharram, Pendiri Yayasan Nur Sufi'iyah Santuni Anak Yatim dan Santri Ponpes

Yayasan Nur Sufi'iyah memperingati 10 Muharram dengan menyantuni anak yatim, santunan tidak hanya diberikan kepada siswa dari ponpes juga anak yatim.

Peringati 10 Muharram, Pendiri Yayasan Nur Sufi'iyah Santuni Anak Yatim dan Santri Ponpes
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Yayasan Nur Sufi'iyah memperingati 10 Muharram dengan menyantuni anak yatim, santunan tidak hanya diberikan kepada siswa dari pondok pesantren Nur Sufi'iyah Ihya Ulumuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Yayasan Nur Sufi'iyah memperingati 10 Muharram dengan menyantuni anak yatim, santunan tidak hanya diberikan kepada siswa dari Pondok Pesantren Nur Sufi'iyah Ihya Ulumuddin yang yatim namun juga anak anak yatim dari warga sekitar.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Abu Sofian yang masih berada di lingkungan pondok pesantren di Kecamatan Banjang Kabupaten HSU, Sabtu (30/09/2017).

Kegiatan ini dibuka oleh pembawa acara yang merupakan santri dan dibacakan dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, arab dan inggris. Menyanyikan sholawat serta pembacaan ayat suci alquran juga dibawakan oleh siswa dari Pondok pesantren Nur Sufi'iyah Ihya Ulumuddin.

Pendiri yayasan H Sufiansyah AR juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, dirinya mengucap syukur karena dapat melaksanakan anjuran untuk menyantuni anak yatim dalam hari yang baik ini.

Pada 10 muharram banyak peristiwa terjadi dalam sejarah perjalanan Islam, selain memperingati juga menjadikan kegiatan ini media pembelajaran bagi siswa untuk mengenang peristiwa peristiwa tersebut.

Seperti peristiwa nabi Musa AS yang mampu mengalahkan Fir'aun dan Nabi Nuh yang melabuhkan kapal karena banjir yang diturunkan Allah serta beberapa peristiwa lainnya. "Dari peristiwa ini bisa menjadi peljaran untuk kita semua dan dapat mengajarkan kepada anak anak kita yang tersayang akan makna dan pelajaran yang bisa diambil," ujarnya.

Pondon Pesantren Nur Sufi'iyah Ihya Ulumuddin yang juga selaku dewan pembinanya adalah Pimpinan Umum Banjarmasin Post GP H Rusdi Effendi AR ini memiliki tiga jenjang pendidikan yaitu taman kanak kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Dalam pembelajarannya juga menerapkan program tahfiz atau penghafal alquran.

Kegiatan juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ketua MUI HSU KH Said Masrawan Lc, dimana menjelaskan amalan yang baik dilakukan saat bulan Muharram. Yaitu puasa sunnah, menyantuni anak yatim dan fakir miskin serta membaca hasbunallah wa ni'mal wakil ni'mal maula wa ni'man nashir’ yang artinya Cukuplah Allah sebagai penolong kami, dan Allah adalah sebaik baik pelindung.

"Bagi yang melaksanakan puasa sunnah dapat menghapus dosa kecil selama satu tahun yang telah lalu, dan bagi yang menyantuni anak yatim serta fakir miskin dapat memudahkan mendapat rezeki setahun kedepan," ujarnya.

Anak anak yang mendapatkan santunam juga terlihat tampak senang, selain mendapat bingkisan mereka juga mendapat uang dari H Sufiansyah AR. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa alim ulama dan Ketua Yayasan Nur Sufi'iyah Ustadz Hendra.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved