Kriminalitas Tanahbumbu

NEWSVIDEO: Antik Intan Polres Tanahbumbu Proses 19 Tersangka dari 15 Perkara

Polres Tanahbumbu menggelar hasil tangkapan kasus Narkoba dan obat daftar G Operasi antik Intan di mapolres setempat, Selasa (3/10/17)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Polres Tanahbumbu menggelar press release tangkapan kasus Narkoba dan obat daftar G di loby Mapolres Tanahbumbu, Selasa (3/10/17).

Hasil operasi Antik Intan 2017 itu ada sebanyak 15 perkara dengan jumlah 19 tersangka.

Dari 15 perkara tersebut didapati barang bukti 32,66 gram dan obat daftar G sebanyak 32.767 butir yang terdiri dari dekstro 18.000 serta zenit jenis carnophen 14.767 butir.

Ekspose itu dipimpin langsung Kapolres Tanbu AKBP Kus Subiyantoro Sik, Kabag Ops Polres Tanbu Kompol Doli M Tanjung didampingi Kasat Narkoba Iptu Sunardi. Selain itu pihak kejaksaan dan pengadilan juga turut berhadir.

Di sana juga turut dilaksanakan pemusnahan barang bukti hasil operasi Antik Intan 2017. Barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam ember berisi sabun, sementara obat-obatan daftar G langsung dibakar.

Menurut Kapolres Tanbu AKBP Kus Subiyantoro Sik, penangkapan itu ada yang sudah menjadi target operasi (TO) dan adapula non TO.

"Peredaran obat-obatan sabu-sabu itu dan Carnophen asalnya ada yang dari Makassar, Tanahlaut dan Banjarmasin. Kebanyakan berasal dari tiga tempat itu," katanya.

Untuk pencegahan, saat ini jajarannya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tanbu. Bahkan bila ada informasi, masyarakat bisa menyampaikannya ke Polres atau Polsek terdekat.

"Kawasan yang paling banyak selama operasi itu ada di Kecamatan Satui dan Kecamatan Sungai Loban. Kasus zenit lebih banyak ketimbang kasus sabu-sabu. Penyebabnya, sabu-sabu harganya yang lebih mahal, sedangkan zenit lebih murah sehingga lebih tinggi angka peredarannya," katanya.

Saat ini jajarannya juga rutin melakukan pengecekan kepada toko obat atau apotek untuk memantau peredaran daftar obat yang dilarang beredar. (*)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved