BanjarmasinPost/

Kriminalitas Banjarmasin

Tiga Terdakwa Kasus Batu Bara Jadi Tahanan Kota, Muara Karta SH: Penangguhan Penahanan Hak Terdakwa

Otomatis dengan dipindahnya status tahanannya, ketiga terdakwa ini tak lagi ditahan meski proses persidangan kasus ini tetap berlanjut.

Tiga Terdakwa Kasus Batu Bara Jadi Tahanan Kota, Muara Karta SH: Penangguhan Penahanan Hak Terdakwa
Ist
Pengacara Muara Karta Simatupang SH 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Adanya penangguhan tiga terdakwa kasus dugaan penipuan batu bara yakni yakni M Ardi dan Andrew Bonnie Boentoro alias Bonnie dan Pierson Tambunan alias Pierson alias Icon dianggap kuasa hukumnya merupakan hak terdakwa.

Kuasa Hukum ketiga terdakwa Muara Karta Simatupang SH MH , Rabu (4/10/2017) siang angkat bicara dan mengatakan terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen kliennya, mengatakan sidang sebenarnya baru dimulai.

Dimana pertama mendengarkan keterangan saksi-saksi pelapor, kedua mendengarkan saksi korban, ketiga sidang pemeriksaan saksi namun tidak hadir. Menurutnya perkembangan sidang pun belum terlihat karena sidang baru beberapa kali.

Menurutnya ada beberapa berita yang merugikan kliennya padahal persidangan masih perdana dan masih keterangan saksi korban dan terdakwa yakni kliennya pun belum diperiksa.

Baca juga: Kasus Penipuan Batu Bara, Majelis Hakim Turunkan Status Tiga Terdakwa Jadi Tahanan Kota

Persidangan dugaan penipuan batu bara di  PN Banjarmasin menghadirkan tiga terdakwa, beberapa waktu lalu
Persidangan dugaan penipuan batu bara di PN Banjarmasin menghadirkan tiga terdakwa, beberapa waktu lalu (banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Ditambahkannya saat ini di PN Banjarmasin telah berjalan sesuai dengan prosedur tidak ada lebih dan kurang. Mengenai penangguhan penahanan kliennya dari rutan ke penangguhan kota yang diberikan majelis hakim, Muara mengatakan hal itu dikabulkan kemarin karena hak terdakwa dan juga diatur KUHAP

"Itu hak dari pada terdakwa sendiri mengingat, satu perkaranya, tidak di atas ancaman 5 tahun dan kedua ada hal-hal mereka memohon penangguhan, karena satu terdakwa istinya sakit dan perlu diusahaan," papar Muara.

Kemudian pihaknya mengajukan penangguhan penahanan kota itu pun baru kemarin dikabulkan hakim (selasa, red). Yang mana setelah dilihat beberapa kali persidangan dan ditanya ke jaksa penuntut pun tak keberatan dimana terdakwa tidak menghilangkan barang bukti, mempersulit persidangan.

Sebelumnya, Tiga terdakwa kasus dugaan penipuan penjualan batubara yakni M Ardi dan Andrew Bonnie Boentoro alias Bonnie dan Pierson Tambunan alias Pierson alias Icon sepertinya sementara ini bisa bernafas lega,

Bagaimana tidak? Setelah sempat dipindahkan majelis hakim penahanannya dari tahanan kota menjadi tahanan (tahaan rutan) pada Selasa (2/9/2017) lalu, kini ketiganya bisa bernafas lega.

Pada sidang Selasa (3/10/2017) siang kemarin, oleh majelis hakim yang sama yakni Heri Sutanto SH yang juga Ketua PN Banjarmasin , ketiganya kembali dipindahkan menjadi tahanan kota .

Otomatis dengan dipindahnya status tahanannya, ketiga terdakwa ini tak lagi ditahan meski proses persidangan kasus ini tetap berlanjut.

Jaksa untuk kasus ini Arif Rahman SH ketika dikonfirmasi, Rabu (4/10/2017) pagi membenarkan ketiga terdakwa kembali mendapatkan penahanan kota.

"Ia ketiganya mendapatkan tahanan kota," ucap Arif pendek ketika dihubungi. (*)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help