BanjarmasinPost/

5 Tanda Bayi Sedang Stres, Begini Cara Penanganannya

Begitu pula bila diajak berkomunikasi, bayi terlihat lebih pendiam dan tidak memberikan tanggapan seperti hari-hari sebelumnya.

5 Tanda Bayi Sedang Stres, Begini Cara Penanganannya
shutterstock
ilustrasi bayi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ternyata, bayi juga bisa stres dengan penyebabnya bermacam-macam. Untuk mengetahui penyebab stres pada bayi, menurut Dra. Mayke S. Tedjasaputa, M.Si. dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, memang tidak mudah.
Karenanya, tangisan bayi, walau menurut kita wajar, bisa jadi merupakan tanda si kecil sedang stres.

Sebenarnya, tidak sulit, kok, untuk mengetahui si kecil sedang stres atau tidak, apabila orangtua sudah mengenali bayinya dengan baik, seperti berikut ini:

1. Lebih rewel

Coba perhatikan frekuensi dan intensitas tangisan bayi. Kalau biasanya selama tidur ia tidak menangis kecuali karena mengompol atau haus, tetapi kini tiap malam jadi rewel, bisa jadi si kecil stres.

Baca: Hebatnya Metamorfosis Runner Up Putri Indonesia 2006, Usia 31 Tahun Jadi Ketua DPRD!

2. Mimpi buruk

Saat tidur adalah cara mudah untuk mengetahui kondisi psikologis seseorang, tak terkecuali bayi. Jika tidurnya gelisah, bisa jadi bayi sedang stres. Apalagi jika dia tidak biasanya tiba-tiba terbangun dan menangis tanpa sebab.

3. Berat badan turun

Tanda lainnya yang harus diwaspadai adalah berat badannya menyusut. Kala stres, bayi akan susah makan, lama-lama tentulah bisa membuat berat badannya turun.

Baca: 7 Tanda pada Wajah Ini Merupakan Gejala Penyakit Serius! Nomor 2 Bikin Kesal

Halaman
123
Editor: Murhan
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help