Kriminalitas Balangan

NEWSVIDEO: Seorang Tersangka Pengedar Obat Daftar G Masih Berusia 14 Tahun

Operasi Antik Intan Polres Balangan menjaring 9 kasus dengan 10 tersangka pengedar obat daftar G

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Delapan dari 10 tersangka yang dihadirkan dalam press release Polres Balangan dalam rangka hasil kepolisian kewilayahan "Antik Intan 2017", Kamis (5/10/2017) di l Mapolres Balangan.

Para tersangka ini mengenakan baju tahanan orange dan penutup kepala, dua orang diantaranya tak dihadirkan karena sudah dilimpahkan ke Kejari Balangan.

Seluruh tersangka tersebut merupakan hasil kerja keras jajaran Polres Balangan dalam Operasi Intan Antik 2017 yang dilaksanakan sejak tanggal 18 September sampai 1 Oktober 2017.

Wakapolres Balangan, Kompol Reinaldo melaporkan bahwa kasus yang terungkap dalam operasi ini ada 9 kasus dengan 10 tersangka, semuanya merupakan pengedar obat daftar G dengan barang bukti keseluruhan 1.575 butir.

Kemudian barang bukti lainnya uang tunai Rp 1.740.000, lima unit hp, dua unit sepeda motor, satu buah tas pinggang dan dua buah dompet.

Lebih lanjut dikatakannya, penggunaan dan peredaran obat terlarang ini sudah tak mengenal usia, bahkan satu tersangka yang dihadirkan ada yang berumur 14 tahun, ini membuktikan bahwa obat terlarang ini sudah sangat memprihatinkan.

"Oleh karena itu rasa ingin tahu yang tinggi terutama para remaja harus dibina dengan tepat sehingga tak terjadi penyalahgunaan," katanya.

Wakapolres menegaskan selain tak mengenal batasan usia, motif peredaran yang dilakukan oleh para tersangka ini juga berbagai cara, salah satunya dengan menjual butiran tak lagi keping.

"Ini diakali untuk menghemat dan memudahkan para pembeli selain itu juga menguntungkan," ungkapnya.

Lebih lanjut dalam hal ini diperlukan peran bersama seluruh elemen terutama pegiat pendidikan guru dan dinas pendidikan agar lebih intens memberikan sosialisasi terkait obat terlarang ini.

"Selain itu juga peran tokoh agama dimasyarakat bisa lebih mensosialisasikan bahaya obat terlarang ini," pintanya. (*)

Penulis: Elhami
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved