Serambi Ummah

JUMAT BERKAH - Ini Tujuh Amalan Penerang Alam Kubur

Ada tujuh amalan yang bisa menerangi kubur. Yakni ikhlas dalam beribadah, berbakti kepada kedua orangtua, silaturrahmi, tidak menggunakan umurnya

JUMAT BERKAH - Ini Tujuh Amalan Penerang Alam Kubur
Arrazi Ibrahim
Ilustrasi 

KHP Wardiansyah SH MH , Pengasuh PP Hidayatulllah Taman Hudaya Mtp

BANJARMASINPOST.CO.ID - SETIAP makhluk Allah yang berada di dunia pada akhirnya akan meninggalkan dunia ini dan akan memasuki ke alam barzakh. Semua orang tentu menginginkan agar alam kubur yang mereka tempati setelah dunia itu mendapatkan ketenangan dan kedamaian.

Ada tujuh amalan yang bisa menerangi kubur. Yakni ikhlas dalam beribadah, berbakti kepada kedua orangtua, silaturrahmi, tidak menggunakan umurnya dalam berbuat maksiat, tidak mengikuti keinginan hawa nafsunya, bersungguh-sungguh dalam berbuat ketaatan kepada Allah SWT, dan memperbanyak berzikir kepada Alllah SWT.

Ikhlas, dalam beribadah merupakan salah satu yang akan menerangi kubur seseorang. Seseorang yang ikhlas dia beramal semata-mata karena Allah dan tidak mengharapkan imbalan berupa pahala dari Allah SWT. Karena ibadah merupakan perintah dan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi seseorang yang mengaku hamba-Nya. Bahkan tujuan Allah menciptakan jin dan manusia adalah hanya untuk menyembah kepadanya, sebagaimana firman Allah dalam Surah Azzariat ayat 56 yang artinya, "Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepadaku."

Berbakti kepada orangtua adalah amalan ibadah yang bisa menerangi kubur dan mendapatkan keberuntungan, Allah panjangkan umurnya serta balasan surga dari Allah. Sebaliknya, mereka yang durhaka kepada orangtua akan dibenci Allah dan akan dimasukkan ke dalam neraka.

Silaturrahmi adalah amalan yang sangat penting dalam kehidupan. Sebab fungsinya sangat besar baik sebagai sarana menjalin ikatan persaudaraan juga bisa memanjangkan umur bagi orang yang melakukannya dan akan selalu mendatangkan rahmat dan kasih sayang dari Alah SWT.

Tidak menggunakan umur dalam berbuat maksiat juga amalan yang dapat menerangi kubur. Umur yang diberikan Allah kepada hamba-Nya seharusnya digunakan untuk sarana beribadah kepadaNya dengan mempertebal keimanan dan memperbanyak amal-amal soleh. Karena umur yang diberikan Allah akan ditanyakan Allah kepada hamba-Nya di hari kiamat nanti, sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang artinya,

"Tidak bergeser tumit seorang hamba pada hari kiamat kecuali ditanya tentang empat perkara, tentang umurnya kemana dihabiskan, tentang waktu mudanya kemana dihabiskan, tentang hartanya dari mana didapat dan kemana dibelanjakan, tentang ilmunya apakah sudah diamalkan.

Amalan berikutnya yakni tidak mengikuti hawa nafsu. Sebab hawa nafsu adalah sesuatu yang sangat berbahaya bagi seseorang, karena orang yang telah dikalahkan oleh nafsunya akan mudah melakukan berbagai bentuk kejahatan,dan kemaksiatan. Mereka yang memperturutkan hawa nafsu kedudukannya lebih jahat dari hewan. Sebaliknya bagi orang yang dapat mengendalikan nafsunya dari berbuat kejahatan dan nafsunya digiring untuk selalu melakukan kebaikan dan amal amal soleh ia akan mendapat kedudukannya lebih tinggi dari malaikat dan selalu mendapat ridho dari Allah SWT.

Bersungguh-sungguh dalam berbuat ketaatan kepada Allah sangat besar manfaatnya bagi seseorang, karena orang yang taat lah yang selalu mendapat perlindungan dan pemeliharaan dari Allah SWT dan mereka juga akan mendapatkan keberuntungan di dalam dunia dan akhirat. Memperbanyak zikir kepada Allah merupakan ibadah yang amat penting dan puncaknya ibadah.

Zikir adalah sarana taqorrub kepada Allah dan juga berfungsi untuk menentramkan jiwa seseorang yang mengalami berbagai problem hidupnya. Zikir kepada Allah jadi obat hati dan mereka yang selalu berzikir kepada Allah terhindar dari laknat dan kutukan dari Allah SWT. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Rasulullah dalam sabdanya yang artinya, "Dunia dan apa saja yang ada di alam dunia ini dikutuk dan dilaknat oleh Allah, kecuali empat golongan yang tidak mendapatkan kutukannya yaitu mereka yang selalu berzikir kepada Allah, mereka yang selalu taat kepada Allah, orang yang alim dalam ilmu syariat dan mereka yang belajar ilmu."

Marilah kita hiasi hidup kita ini dengan selalu meningkat kan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT agar kita selamat didunia dan diakhirat. Amin. (wid/*)

Mau baca berita Banjarmasin Post? klik DI SINI



Mau baca berita Metro Banjar? klik DI SINI

Editor: Didik Trio
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help