Home »

Video

Berita HSS

NEWSVIDEO: Siapkan Tenaga Kerja Terampil, IRT dan Remaja Puteri Dilatih Keterampilan Menjahit

Semenjak mengikuti pelatihan menjahit selama 20 hari, warga Kandangan ini mengaku sudah mampu membuat pakaian pria, wanita bahkan hijab kerudung

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Tangan Maisarah (35) cekatan dalam memotong kain dan menjahitnya menggunakan mesin jahit manual. Kain itu dibentuk sedemikian rupa menjadi pakaian.

Ya, semenjak mengikuti pelatihan menjahit selama 20 hari, warga Kandangan ini mengaku sudah mampu membuat pakaian pria, wanita bahkan hijab kerudung.

Selama latihan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Nakerkop UKP) bekerja sama dengan Balai Latihan kerja (BLK) Provinsi Kalsel dan Lembaga Pelatihan Kursus (LPK) Reza, Maisarah harus berlatih selama enam jam setiap harinya.

"Senang bisa mengikuti pelatihan menjahit. Dengan mengikuti pelatihan menjahit, kami punya keterampilan dan bisa mendapatkan penghasilan," katanya, Jumat, (6/10/2017).

Dia dan ibu-ibu lainnya yang mengikuti pelatihan sudah bisa membuat pakaian pria dan perempuan serta kerudung.

Program pelatihan menjahit yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Nakerkop UKP) diikuti 16 warga Kecamatan Kandangan, HSS. Mereka khusus ibu rumah tangga dan remaja putri.

Pelatihan menjahit dilaksanakan selama 20 hari sejak 13 September lalu hingga 7 Oktober.

Kepala Nakerkop UKP HSS, Sasmi Rifani mengatakan pelatihan menjahit merupakan program peningkatan kualitas produktivitas tenaga kerja, agar para ibu rumah tangga dan perempuan yang belum memiliki pekerjaan mampu menjadi seorang wirausaha yang mandiri.

"Pelatihan menjahit dengan membuat pakaian pria, perempuan, serta kerudung itu dilakukan setiap hari selama 20 hari. Enam jam sehari mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita," katanya.

Pihaknya berharap, usai pelatihan menjahit para ibu-ibu dan remaja putri dapat mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan. Selanjutnya akan tercipta te­naga kerja baru dengan keterampilan atau skill untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

Untuk terus meningkat sumber daya manusia (SDM) itu, Nakerkop UKP HSS juga sudah melakukan berbagai pelatihan seperti pembuatan mebel, las, sampai service sepeda motor. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help