Properti

REI Kalsel Dukung Setifikasi Layak Fungsi, Tapi dengan Syarat Ini

diberlakukan serifikasi secara bertahap dan perlu komunikasi intens antara asosiasi dalam hal ini DPD REI Kalsel

REI Kalsel Dukung Setifikasi Layak Fungsi, Tapi dengan Syarat Ini
hasby
Royzani Sjachril dengan Irwan Bora (kanan) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - DPD Real Estate Indonesia (REI) Kalsel mendukung adanya sertifikasi layak fungsi (SLF) untuk meningkatkan dan menjaga kualitas bangunan MBR dengan catatan agar tidak menghambat target program pemerintah sendiri.

Diungkapkan Ketua DPD REI Kalsel, Royzani Sjachril, Jumat (6/10) kepada BPost Online. Dirinya mengharapakan diberlakukannya secara bertahap dan perlu komunikasi intens antara asosiasi dalam hal ini DPD REI Kalsel dengan pemerintah daerah agar penerapannya tidak merugikan kedua belah pihak.

Dirinya bersama jajaran Pengurus DPD REI Kalsel diantaranya Ketua Bidan Hukum dan Perizinan, Irwan Bora serta Sekretaris DPD REI Kalsel Wahyu menghadiri acara penyusunan roadmap rumah umum dan komersial di Kalsel, Kaltim dan Kaltara dari 4 sampai dengan 5 Oktober 2017.

Roy menjelaskan, pada acara tersebut membahas mengenai pembahasan segala permasalahn yang menghambat pencapaian target satu juta unit rumah. Yang paling penting adalah pertama mengenai pemberlakuannya SLF yang masih perlu kajian mendalam lagi dan tidak bisa serta merta diterapkan di daerah mengingat SDM dan struktur bangunannya yang berbeda terutama untuk bangunan di tanah rawa..

"Dimana sekarang masih disusun standart spesifikasi rumah untuk penilaian SLF nya di tingkat nasional," katanya.

Selanjutnya menurut Roy, mengenai bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU). Perlu adanya peran pemda untuk pengadaan PSU apabila tidam tercover oleh pemerintah pusat, perlu adanya luasan kavling dengan mempertimbangakan harga NJOP dimana untuk luasan kavling untuk MBR agar bisa lebih kecil.

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved