BanjarmasinPost/

Ekonomi dan Bisnis

NEWS ANALYSIS - Pengamat Ekonomi STIEI Banjarmasin Nur Astri Sari : Masyarakat Diuntungkan

Penyedia layanan uang elektronik memiliki aturan, dan BI memiliki kewenangan dalam pengaturan dan pengawasan uang elektronik.

NEWS ANALYSIS - Pengamat Ekonomi STIEI Banjarmasin Nur Astri Sari : Masyarakat Diuntungkan
Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Sabtu (7/10/2017), Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Uang elektronik atau dompet elektronik merupakan fasilitas yang disediakan oleh e-commerce untuk memudahkan pelanggannya bertransaksi pembayaran secara elektronik. Tokopedia misalnya, menyediakan layanan toko cashnya.

Beberapa waktu terakhir kebetulan saya juga pelanggan e-commerce ada pemberitahuan dari salah satu e-commerce bahwa mereka menghentikan layanan uang elektronik.

Bank Indonesia men-suspend layanan uang elektronik karena belum ada izin. Jika tidak ada izin, maka akan ada risiko yang bisa terjadi ke konsumen. Misalnya perusahaan e-commerce tersebut collaps, maka siapa yang akan bertanggung jawab jika uang elektronik dari e-commerce tidak memiliki izin. Terlebih, jika konsumen memiliki tabungan uang elektronik yang banyak, maka jika terjadi sesuatu akan merugikan konsumen.

baca juga : Resmi Dibekukan BI, Pimpinan Paytren Yusuf Mansyur Kalsel Tetap Ajak Masyarakat Jadi Anggota

Secara aturan Bank Indonesia, penyedia layanan uang elektronik memiliki aturan, dan BI memiliki kewenangan dalam pengaturan dan pengawasan uang elektronik.

BI berhak mengatur uang elektronik baik dari perizinan, pengaturan tata pengelolaan dana. Dengan adanya aturan harus mengurus izin, maka BI menunjukkan perannya menjamin uang elektronik konsumen.

Adanya aturan tentang perizinan dari BI jelas akan menguntungkan masyarakat. Jika uang elektronik hanya dikelola secara mandiri oleh e-commerce maka masyarakat yang tiba-tiba mengalami sesuatu yang merugikan tidak bisa meminta tanggung jawab kepada pemerintah.

Berbeda jika sudah diatur oleh BI maka masyarakat bisa mempertanggungjawabkan kepada BI selaku yang memberi izin atas penyelenggaraan uang elektronik. (rii)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Sabtu (7/10/2017).

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help