Ekonomi dan Bisnis

OJK Terus Genjot Edukasi Dalam World Investor Week, Ini Alasannya

Literasi keuangan sektor pasar modal masih minim, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus genjot edukasi dan kampanye melalui ajang pameran

OJK Terus Genjot Edukasi Dalam World Investor Week, Ini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/acm
Literasi keuangan sektor pasar modal masih minim, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus genjot edukasi dan kampanye melalui ajang pameran, ekspo, games dan kompetisi selama World Investor Week mulai tanggal 2 hingga 8 Oktober 2017. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Literasi keuangan sektor pasar modal masih minim, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus genjot edukasi dan kampanye melalui ajang pameran, ekspo, games dan kompetisi selama World Investor Week mulai tanggal 2 hingga 8 Oktober 2017.

Dijelaskan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) OJK Regional IX Kalimantan Nurdin Subandi, berkolaborasi bersama Self Regulated Organization Pasar Modal Indonesia (BEI, KPEI, KSEI), OJK akan berusaha tingkatkan literasi keuangan sektor pasar modal di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang masih berada di kisaran 4,40 persen.

Tingkat literasi yang masih rendah otomatis sejalan dengan tingkat inklusinya yang juga rendah.

Baca juga: Bupati Kukar Rita Widayasari Jadi Penghuni Gedung Merah Putih KPK Usai Diperiksa Selama 9 Jam

Dari hasil survey OJK di Kalsel pada tahun lalu, tingkat inklusi keuangan sektor pasar modal berada di kisaran 1,25 persen.

Artinya dari seratus orang yang disurvey hanya kurang lebih satu orang yang sudah menggunakan produk pasar modal.

"Kami harus genjot terus, karena OJK sebagai anggota Organization of Securities Commission (IOSCO) punya peran penting untuk edukasi dan literasi investor ritel," kata Nurdin.

Indonesia melalui OJK telah menjadi satu diantara anggota IOSCO sejak 1984 dan merupakan salah satu negara pertama di luar benua Amerika selain Perancis, Korea, dan Inggris yang mendaftarkan diri sebagai anggota.

Baca juga: Resmi Dibekukan BI, Pimpinan Paytren Yusuf Mansyur Kalsel Tetap Ajak Masyarakat Jadi Anggota

Sebagai organisasi yang menghimpun para regulator Pasar Modal, IOSCO mempunyai beberapa tujuan. Yaitu melindungi investor, menciptakan dan menjaga pasar yang wajar, efisien, dan transparan, serta mengurangi risiko sistemik.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help