BanjarmasinPost/

Selebrita

Raisa: Mulai dari Nol

Raisa menegaskan kesuksesannya tak didapatkan secara instan. Dia mengaku telah melewati proses panjang untuk berada di titik puncak.

Raisa: Mulai dari Nol
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Penyanyi Raisa Andriana (24) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Siapa tak kenal penyanyi Raisa Andriana? Namanya masuk dalama jajaran atas musisi wanita Indonesia. Bahkan, nama Raisa masuk nominasi ajang penghargaan musik tiga negara bertetangga (Malaysia, Singapura dan Indonesia), Anugerah Planet Muzik (APM) yang akan digelar 14 Oktober mendatang di Singapura.

Meski tengah menikmat kesuksesannya, Raisa menegaskan kesuksesannya tak didapatkan secara instan. Dia mengaku telah melewati proses panjang untuk berada di titik puncak.

“Saya anggap itu proses, kalau saya udah ada disini sekarang ngeliat ke belakang, udah tau semua itu ada fungsinya,” kata Raisa saat ditemui dalam acara IDEAFEST 2017, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (5/10).

Istri Hamish Daud ini pun tak segan berbagi tips untuk generasi muda yang tengah berjuang meraih impian mereka. “Banyak (tips meraih mimpi). Nomor satu adalah find your passion and take your time. Kalau misalnya melakukan suatu pekerjaan, kayaknya ini bukan passion kamu, kamu enggak happy, ya udah enggak apa-apa, you’re still have time, masih muda kan, find your passion,” katanya.

Baca juga: BI Bekukan Paytren Ustadz Yusuf Mansur, Padahal Minat Warga Banjarmasin Sangat Tinggi

Raisa mengingatkan, untuk menggapai impian dan kesuksesan, jangan takut memulainya dari titik nol. “Nomor dua jangan gengsi, jangan takut memulai dari bawah. Karena emang semua dimulainya dari bawah, jangan gengsi melakukan pekerjaan yang bukan tujuan kamu pada akhirnya,” ujar Raisa.

“Yang pasti terus belajar, dan seraplah ilmu seperti sebuah kertas,” lanjutnya.

Lebih jauh, Raisa mengakui dirinya merupakan pribadi yang introvert atau tertutup. Bahkan, dia mengaku kerap gugup setiap bertemu dengan seseorang untuk pertama kali. “Aku orangnya cukup introvert, suka malu sama orang baru,” ucapnya.

Ketika bertemu orang dan lingkungan yang cocok, Raisa baru akan membuka diri. Maka dari itu, orang terdekat Raisa pun tak banyak.

Menjadi pribadi introvert tak langsung membuat Raisa enggan membuka kerja sama dengan sejumlah pihak. Sebagai penyanyi, dia berupaya membuka jalan bagi pihak yang ingin berkolaborasi dengannya.

Lantaran sifatnya yang introvert, pelantun ‘Could It Be’ itu pun memilih untuk berdiskusi empat mata dengan pihak yang akan berkolaborasi dengannnya.

“Kalau aku biasanya ngajakin ketemu orangnya (yang akan berkolaborasi) one on one buat akomodir introvert aku. Misalnya ajak makan yuk, berdua doang, ngobrol ngalur-ngidul. Memang sih nggak boleh nggak mengerti bisnis, tapi ya pada dasarnya kalau bikin karya seni harus ngomongin seninya dulu,” katanya. (kompas/com/tribunnews)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help