BanjarmasinPost/

Berita Jakarta

Rita Widyasari Jadi Penghuni Pertama Rutan Baru KPK, Ini Gratifikasi yang Diduga Diterimanya

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari akhirnya harus mendekam di tahanan usai diperiksa penyidik KPK, Jumat (6/10).

Rita Widyasari Jadi Penghuni Pertama Rutan Baru KPK, Ini Gratifikasi yang Diduga Diterimanya
Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Sabtu (7/10/2017), Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari akhirnya harus mendekam di tahanan usai diperiksa penyidik KPK, Jumat (6/10).

Rita sebelumnya diperiksa sebagai tersangka selama kurang lebih tujuh jam oleh penyidik terkait kasus dugaan suap pemberian izin operasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit PT Sawit Golden Prima di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman.

Rita rencananya ditahan di rutan baru Gedung Merah Putih milik KPK yang tadi pagi diresmikan Ketua KPK Agus Rahardjo. Rutan dengan pengamanan super ketat itu berada di belakang gedung baru KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain Rita, penyidik KPK juga langsung menahan Komisaris PT Media Bangun Bersama, Khairudin, seusai menjalani pemeriksaan tersangka. Seperti Rita, Khairudin juga ditahan untuk 20 hari pertama.

“KHR ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur, RIW di rutan KPK Kavling K4,” kata Febridiansyah, juru bicara KPK.

Pada perkara ini, Rita dijerat sebagai tersangka bersama-sama dengan Hery Susanto Gun alias Abun, Direktur Utama PT Sawit Golden Prima dan Khairudin, Komisaris PT Media Bangun Bersama,. Rita diduga menerima suap sebesar Rp 6 miliar dari Abun terkait pemberian izin operasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit PT Sawit Golden Prima di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman.

Rita juga diduga menerima gratifikasi bersama-sama Khairudin sebesar Rp 6,97 miliar. Gratifikasi berkait sejumlah proyek di Kukar. Selain itu, Rita diduga terima gratifikasi dari sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dalam pengusutan perkara ini penyidik sudah menyita mobil mewah Hummer type H3, Toyota Vellfire, Ford Everest, dan Land Cruiser.

Berbusana Serba Hitam Sebelum ditahan, Rita Widyasari memenuhi panggilan KPK sebagai tersangka. Rita hadir ke KPK pukul 12.20 WIB menggunakan baju serba hitam, termasuk hijabnya.

Kehadiran Rita turut didampingi oleh seorang pria berpakaian batik. Sedianya Rita dijadwalkan diperiksa pada Rabu (4/10) kemarin, namun yang bersangkutan mangkir.(ter/wly)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help