BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Utara

Sekolah Sehat Wajib Ada Wastafel di Depan Kelas

Bangunan sekolah dilengkapi dengan wastafel atau tempat untuk mencuci tangan yang disediakan di setiap ruang kelas

Sekolah Sehat Wajib Ada Wastafel di Depan Kelas
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Kepala Dinas Pendidikan Rahmat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Bangunan sekolah dilengkapi dengan wastafel atau tempat untuk mencuci tangan yang disediakan di setiap ruang kelas merupakan fasilitas standar uang haarus dimiliki setiap sekolah.

Air yang digunakan untuk mencuci tangan dialirkan untuk menyirami tanaman di lingkungan Sekolah. Hal ini juga dilakukan di beberapa sekolah yanh terdaftar sebagai perwakilan Lomba Sekolah Sehat di tingkat provinsi.

Peserta sekolah sehat tingkat provinsi adalah TK Pembina Sungai Malang Kecqmatan Amuntai Tengah, SDN Murung Sari 1 Kecamatan Amuntai Tengah, SMPN 1 Amuntai Utara Deaa Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara dan MAN 1 Amuntai Kecamatan Amuntai Tengah.

Baca: Ratu Kucing Asal Amuntai Dapat Perhatian dari Pecinta Kucing, Ini Hasilnya

Keempat sekolah ini telah melakukan peraiapan untuk penilaian sekolah sehat yanh dilakukan oleh pemerintah provinsi, Sabtu (07/10/2017). Sesuai dengan keputusan Bupati keempat sekolah ini terpilih sebagai sekolah yang mewakili Kabupaten HSU setelah dilakukan penilaian di tingkat Kabupaten.

Kepala Dinas Pendidikan Rahmat mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk memperbaiki pembuangan sampah, dimana siswa diajarkan sejak dini untuk memilah sampah. "Di sekolah sudah dilengkapi dengan tempat sampah organik dan non organik," ujarnya.

Baca: Ratu Kucing Amuntai Sering Disindir Tetangga, Lebih Baik Pelihara Kambing atau Sapi

Dinas Pertanian juga bekerjasama dalam mengenalkan kepada siswa tentang tanaman obat dan tanaman hias yang memiliki fungsi masing masing.

Dalam penilaian sekolah sehat penilaian juga di lakukan di toilet sekolah, apakah selalu bersih dan tersedia air dan sabun serta air tidak ada jentik nyamuk.

Dibidang kesehatan tim penilai juga memeriksa ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), kelengkapan peralatan dan obat obatan serta tenaga penjaga UKS. "Siswa yang terpilih sebagai anggota UKS juga diuji pengetahuannya tentang pemberin pertolongan pertamaa," ujarnya.

Kebersihan seluruh gedung termasuk mushola dan ruang guru juga dicek apakah ada debu atau tidak yang dapat mengganggu kesehatan siswa.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help