Berita Balangan

Lahan Gambut Rentan Terbakar, Begini Penanganan Khusus Yang Dilakukan BPBD Balangan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan terus memantau serta memperlakukan lahan gambut secara khusus.

Lahan Gambut Rentan Terbakar, Begini Penanganan Khusus Yang Dilakukan BPBD Balangan
banjarmasinpost.co.id/elhami
BPBD Balangan melakukan penanganan khusus mengatasi kebakaran di lahan gambut karena mudah terbakar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan terus memantau serta memperlakukan lahan gambut secara khusus.

Pasalnya lahan ini rentan serta sering mengalami kebakaran, dan untuk wilayah Kabupaten Balangan keberadaan lahan gambut cukup banyak.

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love menyebutkan, ada empat kecamatan di Bumi Sanggam yang wilayahnya memiliki lahan gambut dan selama musim panas atau kemarau sering terbakar.

Disebutkannya, empat kecamatan itu adalah Batumandi, Lampihong, Paringin serta Paringin Selatan, namun untuk porsi wilayah yang banyak lahan gambutnya ada di Batumandi dan Lampihong.

Menurutnya ditahun 2017 ini sudah tercatat sebanyak tujuh terjadi kebakaran lahan gambu terutama di Batumandi, Desa Sungai Hanyar.

"Perkiraan lahan yang terbakar di wilayah tersebut sekitar tujuh hektar dengan intensitas kejadian tujuh kali," ungkapnya.

Baca juga: Pesta LGBT Digerebek di Tempat Sauna, Masuk Bayar Rp 165 Ribu Dapat Pelumas dan Kontrasepsi

Dikatakan Alive, untuk penanganan lahan gambut jika terjadi kebakaran dilakukan penanganan dengan khusus secara kontinyu, seperti menggunakan peralatan khusus gambut atau sumbut.

"Sumbut ini dimana air langsung kita masukan kedalam lahan gambut lalu disemprotkan sehingga air mencapai langsung ketitik api dibawahnya," jelasnya.

Disamping itu pihak BPBD Balangan juga terus berkordinasi dengan penanganan kepihak badan restorasi gambut, bahkan sudah mengusulkan untuk mendapatkan penanganan khusus di wilayah lahan gambut.

"Kami mengusulkan dua wilayah yaitu Batumandi dan Lampihong dimana untuk lahan gambutnya dibuatkan kanal, oleh karena itu penanganan lahan gambut lebih khusus," ungkapnya.

Masih disampaikannya, untuk total lahan gambut di Kabupaten Balangan ada dua versi yakni dari pihak kepolisian menyebutkan sekitar 3.500 hektar, ada juga dari pihak badan restorasi gambur yaitu sekitar 1.200 sampai 2.000 hektar.

"Meski demikian bersama instansi terkait pada musim ini terus melakukan pemantauan dan penanganan agar jangan sampai terjadi lagi kebakaran lahan terutama di lahan gambut," pungkasnya. (*)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help