BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Tanahlaut

NEWSVIDEO: Perjuangan Kusir Cilik Delman di Pantai Batakan, Bantu Ortu, Uang Untuk Biaya Sekolah

Sudah setahun ini Izhar (13) menjadi kusir kereta kuda di pesisir pantai Batakan

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sudah setahun ini Izhar (13) menjadi kusir kereta kuda di pesisir pantai Batakan. Dia pun sempat menjadi joki kuda selama tiga tahun sebelum menjadi kusir.

Hal tersebut dia lakukan karena tak ingin membebani orangtuanya. Setiap Sabtu seusai pulang dari sekolah Izhar menjadi kusir kereta kuda dan membawa para pengunjung berkeliling pesisir pantai Batakan.

"Kalau Minggu seperti ini dari pagi. Saya hanya ingin punya uang sendiri. Lumayan buat uang saku sekolah," ujar siswa SMPN 2 Panyipatan ini, Minggu (8/10/2017).

Ada puluhan ekor kuda di pesisir pantai Batakan yang disewakan kepada pengunjung pantai. Setiap naik delman itu, satu orang dewasa dan anak dikenai tarif Rp 10 ribu. Izhar mengaku bukan pemilik delman. Ia hanya menjalankan saja dengan sistem bagi hasil keuntungan. "Hasil delman dibagi tiga. Jika dapat Rp 30 ribu. Saya dapat Rp 10 ribu dari pemiliknya," katanya.

Izhar mengaku mampu mengendarai kereta kuda itu karena belajar melihat temannya dan membiasakan. "Ada teknik suara agar kuda itu berjalan dan berhenti tanpa ditarik," katanya.

Tak hanya Izhar, banyak anak seusianya yang menyediakan jasa sebagai joki kuda atau menjadi kusir delman di pantai Batakan. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help