BanjarmasinPost/

Berita HSU

NEWSVIDEO: SDN Telaga Sari Amuntai Selatan Sulit Cari Peserta Didik Baru, Cuma Berisi 42 Siswa

SDN Telaga Sari, Kecamatan Amuntai Selatan makin kesulitan mendapatkan siswa baru. Saat ini sekolah hanya berisi 42 siswa .

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - SDN Telaga Sari Kecamatan Amuntai Selatan kian kesulitan untuk mendapatkan siswa baru. Saat ini jumlah siswa dari kelas satu hingga kelas enam berjumlah 42 orang.

Kepala Sekolah Nuzuli Rasyid S.Pd mengatakan untuk bangunan sekolah memang sudah memadai dengan jenis bangunan permanen. Sekolah juga dilengkapi dengan halaman sekolah yang cukup luas untuk siswa melakukan kegiatan belajar diluar ruangan.

Padahal desa tetangga yaitu Desa Teluk Sari, Simpang Tiga dan Telaga Silaba tidak memiliki sekolah. Seharusnya bisa mendapatkan siswa lebih banyak. Namun orangtua sekitar lebih memilih sekolah islam terpadu meskipun letaknya lebih jauh.

Pada tahun ajaran 2015/2016 SDN Telaga Sari hanya menerima dua siswa baru, dan tak lama kedua siswa ini pindah sekolah karena mengikuti orangtua. Akhirnya saat ini ruang kelas tiga kosong dan digunakan sebagai ruang pertemuan atau untuk kegiatan keagamaan. Di antaranya Salat dhuha pada hati rabu, membaca yasin setiap hari Jumat, membaca surah pendek pada hari selasa dan salat zuhur berjamaah pada hari Kamis.

"Ruangan memang dikosongkan terus, jika kelas dua naik kelas tiga bisa sangsung menggunakan ruang kelas empat," ujarnya.

Ruang kelas tiga yang kosong ini akan tetap kosong sampai tiga tahun ajaran kedepan. Dan berharap saat penerimaan siswa baru mendapat siswa yang lebih banyak.

Untuk jumlah guru telah memadai, saat ini jumlah guru pengajar umum 6 orang, guru agama 1 orang, guru olahraga 1 orang semua guru PNS dan ditambah satu orang guru honorer dan operator.

Saat ini pihak sekolah tengah berupaya untuk menambah jumlah siswa dengan melakukan kegiatan ekstrakulikuler serta melakukan sosialisasi ke masyarakat dari rumah ke rumah.

"Kami berharap bisa menambah jumlah siswa agar tidak dilakukan grouping," ujarnya.

Kondisi kurangnya jumlah siswa memang sudah berlangsung cukup lama, Ruhaniah wali kelas lima yang merupakan guru senior di SDN Telaga Sari mengatakan pada tahun 2004 jumlah siswa berjumlah 60 orang.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help