Berita Kotabaru

Perbaikan Dermaga Rampa, Burhan Berharap Bukan Cuma Janji

Selain bagian lantai compang camping, tiang bangunan dermaga sebagian ada yang putus membuat kontruksi bangunan dari ulin tersebut mulai miring.

Perbaikan Dermaga Rampa, Burhan Berharap Bukan Cuma Janji
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Dermaga penjemuran ikan Desa Rampa, Kecamatan Pulaulaut Utara. Warga berharap dermaga dilakukan perbaikan karena kondisinya yang sudah memprihatinkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Warga Desa Rampa, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kotabaru sejak puluhan mengimpikan adanya perbaikan dermaga oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru.

Bagi warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, dermaga tidak hanya sebagai lokasi kegiatan adat. Tapi juga menjadi sarana urat nadi bagi kehidupan warga di wilayah pesisir tersebut.

Oleh warga setempat selama ini dermaga dijadikan tempat penjemuran ikan, lantaran tidak adanya lokasi lain yang bisa mereka manfaatkan.

Baca: Sangar, Video Penggerebekan Gudang Zenith oleh Resmob Polda Kalsel

Namun, sayang kini kondisi bangunan dermaga itu makin memprihatinkan. Sejak sekitar tahun 2000an dibangun, bangunan dermaga berukuran lebih kurang 12x25 meter persegi itu tidak pernah tersentuh perbaikan.

Selain bagian lantai compang camping, tiang bangunan dermaga sebagian ada yang putus membuat kontruksi bangunan dari ulin tersebut mulai miring.

Kendati demikian, warga tetap mengoptimalkan bangunan itu lantaran tidak ada lokasi lain. Karena selain tempat penjemuran ikan, dermaga juga digunakan untuk pembersihan ikan hasil tangkapan nelayan yang akan diproses menjadi ikan kering.

Bahkan, oleh warga setempat. Dermaga juga digunakan untuk memperbaiki atau perawatan perahu.

Burhan, salah seorang warga membenarkan kondisi dermaga yang dibangun puluhan tahun silam, kini kondisi sangat memprihatinkan.

Menurit Burhan, dermaga terancam ambruk karena banyak tiang penyangga bangunan sudah putus karena termakan usia.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved