Berita Kotabaru

Waduh, Pengelolaan Sampah Kotabaru di Bawah Standar, Ini Buktinya

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Kemitraan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Ninuk

Waduh, Pengelolaan Sampah Kotabaru di Bawah Standar, Ini Buktinya
BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah
Truk sampah yang mengangkut sampah di dalam perkotaan ditengarai membahayakan pengendara lain, karena truk sampah tidak menggunakan penutup. Tidak jarang sampah yang diakut jatuh ke jalan. Foto diambil Oktober 2017 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Kemitraan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Ninuk Murtini, dalam kunjungan kerjanya ke Kotabaru beberapa waktu lalu mengatakan, pengelolaan sampah sampah di Kotabaru masih jauh dari standar.

Disampaikan Ninuk dalam pertemuan yang dihadiri beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkab Kotabaru, pengelolaan sampah di Kotabaru belum maksimal mulai dari TPS (tempat pembuangan sementara) hingga pengelolaan/pengolahan sampah di TPA (tempat pembuangan akhir).

Selain dua sarana tersebut, Ninuk juga menyoroti soal armada (truk) angkutan sampah yang tidak memenuhi standar, lantaran bak truk bagian atas yang terbuka.

Sementara penelurusan di lapangan, sebuah truk yang melintas dari dalam kota menuju luar kota (TPA) membawa tumpukan sampah memenuhi bak truk, botol air mineral yang diakut terjatuh ke jalan nyaris mengendari pengendara di belakangnya.

"Untung tidak kena. Seandainya tadi aku menyalip pasti kena. Memang gak apa sih, cuma botol air mineral kosong. Tapi bahaya juga, kalau tiba-tiba mengenai pengendara dan terkejut bisa hilang konsentrasi berkendara," ucap Ari salah seorang pengendara.

Menurut Ari, menjaga keselamatan pengendara seharusnya saat sampah diangkut dengan truk diberi pengaman atau penutup sehingga sampah tidak jatuh ketika dibawa dan tidak membahayakan pengendara.

"Apalagi saat jam-jam jalan padat bahaya bagi pengendara," ujarnya. (BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help