BanjarmasinPost/

Berita Kalteng

99 Persen Siring Pantai Cemara Labat Keropos, Ini Janji BPBD Kapuas

Hampir 99 persen keropos dan rusak berat akibat terjadinya gelombang pasang dari laut, sehingga mengalami abrasi.

99 Persen Siring Pantai Cemara Labat Keropos, Ini Janji BPBD Kapuas
Tribun Kalteng/Jumadi
Puluhan warga Desa Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas Kalteng berfoto dengan latar belakang helikopter. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Selama bertahun-tahun, siring galam yang ada di sepanjang pantai Desa Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Kalteng, kini kondisinya sangat memprihatinkan.

Hampir 99 persen keropos dan rusak berat akibat terjadinya gelombang pasang dari laut, sehingga mengalami abrasi.

Untuk menjaga sepanjang pantai di desa itu tak terjadi abrasi yang lebih parah, rencananya sepanjang pantai di sana bakal disiring menggunakan beton permanen.

Baca: Pasangan Mesum Tertangkap Telanjang di Musala, Awalnya Cuma Kencing Jadi Bercinta

Rencana itu disambut baik dan dengan senang hati oleh masyarakat sekitar. Apalagi pada Sabtu (7/10/2017) kemarin, beberapa orang dari BPBD Provinsi Kalteng dan BPBD Kabupaten Kapuas langsung melakukan survai ke lokasi pantai dengan menggunakan sebuah helikopter.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, Rabu (11/10/2017) membenarkan jajarannya melakukan survei, sekaligus mengambil sampel di lokasi Desa Cemara.

"Kami melakukan survei dan mengambil sampel bersama Kepala BPBD Provinsi Kalteng PLt Darliansyah bersama saya juga bersama kabid saya,"terang Sinaga. Sepanjang pantai 8.000 meter akan disiring menggunakan beton.

Ditambahkannya, hasil sampel di lapangan, maka panjang pantai yang disiring adalah 8.000 meter atau 8 kilometer dengan menggunakan beton. Hasil sampel juga dilakukan survei di Desa Palampai, Kecamatan Kapuas Kuala sepanjang 2.500 meter atau 2,5 km. Ini sudah diverifikasi oleh BPBD Provinsi Kalteng.

Penulis: Jumadi
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help