BanjarmasinPost/

Menyulitkan Penyandang Buta Warna

Mengapa sekarang memperpanjang SIM dipersulit bagi penyandang buta warna? Berarti mereka tidak berhak mendapatkan SIM

Menyulitkan Penyandang Buta Warna
Bpost/Rizali
Public Services

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Yth. Kapolda dan Ditlantas Kalsel. Mengapa sekarang memperpanjang SIM dipersulit bagi penyandang buta warna? Berarti mereka tidak berhak mendapatkan SIM, karena dalam pengurusan harus membawa Surat Kesehatan yang menyatakan tidak buta warna, adakah solusinya pak?
082155016xxx

TANGGAPAN:

MENGINFORMASIKAN terkait dengan keluhan pembaca mengenai Surat Kesehatan, kita berpegang pada Perkap Nomor 9 Tahun 2012 di bagian keempat tentang Persyaratan Kesehatan pada Pasal 34.

(1) Persyaratan kesehatan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c, meliputi: a. kesehatan jasmani; dan b. kesehatan rohani. Pasal 35 (1) Kesehatan jasmani, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34 huruf a, meliputi: a. penglihatan; b. pendengaran; dan c. fisik atau perawakan.

(2) Kesehatan penglihatan, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, diukur dari kemampuan kedua mata berfungsi dengan baik, yang pengujiannya dilakukan dengan cara sebelah mata melihat jelas secara bergantian melalui alat bantu snellen chart dengan jarak + (kurang lebih) enam meter, tidak buta warna parsial dan total, serta luas lapangan pandangan mata normal dengan sudut lapangan pandangan 120 sampai dengan 180 derajat.

(3) Kesehatan pendengaran, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, diukur dari kemampuan mendengar dengan jelas bisikan dengan satu telinga tertutup untuk setiap telinga dengan jarak 20 cm (sentimeter) dari daun telinga, dan kedua membran telinga harus utuh.

(4) Kesehatan fisik atau perawakan, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c, diukur dari tekanan darah harus dalam batas normal dan tidak ditemukan keganjilan fisik.

Sedangkan untuk memperpanjang SIM tidak ada yang sulit yang penting seluruh persyaratannya dilengkapi, yakni 1. SIM asli dan fotokopi, 2. Membawa KTP asli dan fotokopi, 3. Surat kesehatan dari dokter puskesmas atau lainnya (surat kesehatan mencakup persyaratan yang ada dalam Perkap Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 34, 35. Demikian, terima kasih atas perhatiannya.

KOMPOL DESE YULIANTI SH MAP
Kasi SIM Polda Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help