BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Utara

Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Sungai Pandan, Warga Langsung Berlarian

Angin Puting beliung juga pernah terjadi di Desa Murung Asam pada tahun 2004 lalu, dan sejak saat itu memang sering terjadi angin kencang

Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Sungai Pandan, Warga Langsung Berlarian
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Angin puting beliung terjadi di tiga desa yaitu Desa Tapus Dalam, Murung Asam dan Banyu Tajun Dalam, Kecamatan Sungai Pandan, Kamis (12/10/2017) pada pukul 16.30 Wita. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Angin puting beliung terjadi di tiga desa yaitu Desa Tapus Dalam, Murung Asam dan Banyu Tajun Dalam, Kecamatan Sungai Pandan, Kamis (12/10/2017) pada pukul 16.30 Wita.

Angin puting beliung merusak rumah warga beserta kandang ayam dan gudang mebel. Di Desa Murung Asam awalnya awan gelap hingga turun hujan ringan namun kemudian angin menjadi semakin kencang disertai dengan petir.

Angin puting beliung akhirnya mengenai beberapa rumah warga hingga menyebabkan kerusakan. "Warga langsung berlarian melewati titian, karena angin puting beliung berada di daerah lapang yang merupakan lahan pertanian, untuk menuju rumah warga memang hanya bisa melewati titian kayu," ungkap Kepala Desa Murung Asam Makhruzzaini Tamzidtung.

Baca: Harga Jual Terong Merosot Jadi Rp 1.000 Per Kilogram, Petani Cuma Bisa Ini

Angin Puting beliung juga pernah terjadi di Desa Murung Asam pada tahun 2004 lalu, dan sejak saat itu memang sering terjadi angin kencang namun tidak sampai merusak rumah warga.

"Sebagian besar rumah rusak dibagian atap, warga yang menjadi rumahnya rusak sementara menginap dirumah saudara," ujarnya.

Untuk di Desa Murung Asam sendiri terdapat lima bangunan yang rusak yaitu dua buah rumah risak tota, tiga buah rusak ringan dan satu kandang ayam. "Kami masih terus melakukan pendataan, dan mengumpulkan informasi dari warga," ungkapnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help