BanjarmasinPost/

Berita Banjarmasin

Gratis dan Satu Hari Selesai, Dispencapil Kota Banjarmasin Target 20 Ribu KIA

Bagi yang ingin mengurus KIA, sambung Khairul, sebaiknya datang langsung ke Kantor Dispencapil Kota Banjarmasin.

Gratis dan Satu Hari Selesai, Dispencapil Kota Banjarmasin Target 20 Ribu KIA
Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Kamis (12/10/2017) Halaman 17 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Anak-anak yang tinggal di wilayah Kota Banjarmasin dan belum mempunyai kartu identitas anak (KIA) diharapkan segera mengurus di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) kota setempat. Selain gratis, juga langsung selesai.

"Kami meluncurkan pelayanan lontang lantung. Piyan datang datang langsung tuntung.

Pelayaanan pembuatan KIA ini gratis dan tak ada boleh ada pungutan. Warga datang mengurus, langsung jadi hari itu juga," tegas Khairul Saleh, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) Kota Banjarmasin, Jumat (8/10/2017).

Menurut Khairul, pelayanan KIA ada dua jenis, yakni kartu identitas anak (KIA) untuk anak yang berusia nol sampai dengan lima tahun dan kartu identitas anak (KIA) untuk anak yang berusia lima sampai dengan 17 tahun kurang satu hari.

"Kami menargetkan sampai akhir 2017 ini sebanyak 20 ribu KIA yang tercetak" tegasnya.

Baca: Awas, Dispencapil Kota Banjarmasin Cium Gelagat Ada yang Bisniskan KIA Lewat Calo

Bagi yang ingin mengurus KIA, sambung Khairul, sebaiknya datang langsung ke Kantor Dispencapil Kota Banjarmasin. Pengurusan KIA tak akan dibuat sistem kolektif baik melalui kecamatan atau kelurahan dikuatirkan nanti ada pungutan atau dibisniskan.

Dijelaskannya, untuk mengurus KIA cukup mudah. Bagi anak yang baru lahir (bayi), KIA bakal Lebih lanjut Kharul menjelaskan untuk pembuatan KIA untuk 0 sampai 5 tahun tidak memakai foto dan di atas lima tahun memakai foto. Dan untuk anak dengan tanggal lahir genap, maka latar belakang foto itu berwarna merah dan tanggal lahir ganjil berwarna biru.

Menurut Khairul, dalam KIA ini memuat nama, alamat, jenis kelamin, Nomer Induk Kependudukan (KIA), tapi belum ada golongan darah. Dengan memiliki KIA bagi anak berusia 13 tahun atau beranjak 13 tahun, maka dapat memiliki tabungan pribadi. (ogi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help