Berita Balangan

Ini Dia Desa di Balangan yang Ditetapkan Sebagai Kampung KB

pencanangan Kampung KB ini diharapkan akan tumbuh lagi kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan masalah kependudukan

Ini Dia Desa di Balangan yang Ditetapkan Sebagai Kampung KB
elhami
Pada tahun 2017 ada 7 lokasi yang ditetapkan oleh Pemkab Balangan sebagai Kampung KB 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pada tahun 2017 ada 7 lokasi yang ditetapkan oleh Pemkab Balangan sebagai Kampung KB yaitu Desa Piyait Kecamatan Awayan, Desa Lingsir Kecamatan Paringin, Desa Batu Merah Kecamatan Lampihong, Desa Lamida Bawah Kecamatan Paringin, Desa Marajai Kecamatan Halong, Desa Pamurus Kecamatan Juai, dan Desa Gunung Batu Kecamatan Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ansyarullah mengatakan, pencanangan Kampung KB ini diharapkan akan tumbuh lagi kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan masalah kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Menurutnya, di Kabupaten Balangan pada tahun 2016 telah ditetapkan satu lokasi Kampung KB yaitu Desa Guha Kecamatan Batumandi.

"Tujuan pencanangan Kampung KB ini adalah meningkatkan kembali peran pemerintah daerah maupun swasta dalam memfasilitasi, pendampingi dan pembinaan masyarakat untuk program KB," ujarnya.

Kemudian meningkatkan kembali kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun sasaran dari kegiatan Kampung KB adalah keluarga pasangan usia subur, balita, remajan lansia dan sasaran sektor sesuai dengan bidangnya.

"Pada saat ini, pencanangan Kampung KB di Desa Piyait adalah pasangan usia subur menggunaan metode kontasepsi jangka pendek (menggunakan suntik dan pil serta sebagian menggunakan kondom)," ungkapnya.

Sampai detik pencanangan ini sudah 90 persen pasangan usia subur menggunakan metode ini dan pada hari ini juga dilaksanakan mkjp yaitu mop sebanyak 6 orang dan inplant sebanyak 22 orang.

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved