BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Utara

Ini Upaya Pemkab Lanjutkan Pamsimas di HSU, Pemenuhan Air Bersih 100 Persen pada 2019

Bupati HSU H Abdul Wahid usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pamsimas adalah salah satu program pemerintah yang harus didukung.

Ini Upaya Pemkab Lanjutkan Pamsimas di HSU, Pemenuhan Air Bersih 100 Persen pada 2019
Istimewa
Bupati HSU Abdul Wahid dengan menghadiri Bimtek Kebijakan Pamsimas dan strategi pembangunan air minum dan sanitasi dalam perencanaan Daerah Regional II. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kabupaten HSU mendapat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) beberapa tahun terakhir.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Rusnaidy mengatakan anggaran untuk Pamsimas adalah Rp 1,6 miliar. Dan tahun ini Pamsimas dibangun di 10 desa yang tersebar di beberapa kecamatan.

Satu desa akan dibangun menara, tandon air dan jaringan pipa yang bisa memenuhi kebutuhan air hingga 25 kepala keluarga atau sekitar 100 jiwa.

Baca: Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Sungai Pandan, Warga Langsung Berlarian

Aparat desa yang mendapatkan bantuan juga diminta untuk menyiapkan lahan untuk pembangunan Pamsimas, dan seluruh deaa telah memenuhi syarat tersebut.

"Kami berharap aparat desa bisa menambah jaringan Pamsimas menggunakan dana desa, agar air bersih bisa disalurkan kepada lebih banyak warga," ujarnya.

Target Pemerintah Pusat Pemenuhan sumber air bersih bisa 100 persen dilaksanakan pada 2019. Dan target ini akan bisa dilaksanakan jika mendapat bantuan dari Dana Desa.

Upaya untuk melanjutkan program Pamsimas pada tahun 2018 juga dilakukan oleh Bupati HSU Abdul Wahid dengan menghadiri Bimtek Kebijakan Pamsimas dan strategi pembangunan air minum dan sanitasi dalam perencanaan Daerah Regional II.

Baca: Angin Puting Beliung Obrak-abrik Tiga Desa di HSU, Ini Jumlah Rumah yang Rusak

Workshop dilaksanakan selama 3 hari dari 10-13 Oktober 2017 di Hotel Golden Tulip Bay View Kabupaten Badung Provinsi Bali diselenggarakan oleh Direktorat Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI.

Bupati Wahid hadir dalam kegiatan tersebut didampingi Katua DPRD HSU H. Syahrujani dan Plt. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Agus Susiawanto.

Dalam sambutannya Plt. Sekjen Kemendagri Hadi prabowo mengatakan bahwa pertemuan ini menandai pentingnya penbangunan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat berdasarkan milestone sustainable development doals (SDGs).

Bupati HSU H Abdul Wahid usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pamsimas adalah salah satu program pemerintah yang harus didukung.

Berkaitan dengan hal itu, Wahid pun akan berusaha menyediakan akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses air minum dan sanitasi, salah satunya menurut Wahid adalah dengan berusaha memohon bantuan dari pemerintah agar kembali mendapatkan bantuan pamsimas pada tahun 2018 mendatang. 

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help