BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Terapkan Sistem Registrasi Sipil, Apa Ya Kegunaannya?

“Pelatihan dan workshop juga telah dilaksanakan 10 Oktober lalu, melibatkan seluruh kepala Puskesmas"

Pemkab HST Terapkan Sistem Registrasi Sipil, Apa Ya Kegunaannya?
Istimewa
Pelatihan dan workshop penerapan Civil Registration and Vital statistics (CRVS), atau sistem registrasi sipil statistik hayati. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menerapkan Civil Registration and Vital statistics (CRVS), atau sistem registrasi sipil statistik hayati untuk mencatat kelahiran dan penyebab kematian.

Kabag Humas Pemkab HST, Ramdhan, Kamis (12/10/2017) mengatakan, berdasarkan keterangan ihak Badan Perencana, Penelitian danPengembangan Daerah (Bappelitbangda) Hulu Sungai Tengah, HST telah menerapkan system tersebut sejak 2013. Adapun percontohan dilakukan di Kecamatan Labuanamas Selatan, yaitu di Puskesmas Rawat Inap Pantai Hambawang dan Puskesmas Durian Gantang.

“Pelatihan dan workshop juga telah dilaksanakan 10 Oktober lalu, melibatkan seluruh kepala Puskesmas, DInas Kesehatan, perwakilan kantor kecamatan dengan pemateri dari Kementerian Kesehatan,”kata Ramadhan kepada BPost Online.

Pasca pelatihan, sebut dia, seluruh kecamatan dan Puskesmas di HST ditargetkan menerapkan sistem tersebut. Masalahnya, data-data penyebab kematian dan kelahiran sangat bermanfaat dalam pengambilan kebijakan di bidang kesehatan.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, M Muslim, di Kalsel, jelas Ramadhan baru Enam Kabupaten/kota menerapkan CRVS secara mandiri, termasuk HST. Sedangkan kabupaten lainnya masih dalam pembinaan Kemenkes.

Dengan CRVS, semua akan terdata secara otomatis melalui sebuah aplikasi yang saling terintegrasi. Hal itu memudahkan dinas-dinas yang membutuhkan data baik terkait kelahiran, kematian maupun hal-hal terkait bidang Kesehatan.

"Bupati HST telah berkomitmen memperkuat mekanisme CRVS dalam upaya meningkatkan akses pada pelayanan, di bidang kesehatan. Juga untuk pencatatan sipil karena hal itu sangat penting sebagai dokumen dan data yang akurat.

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help